Cara Balas Pesan WA Otomatis Tanpa WhatsApp Business

Cara Balas Pesan WA Otomatis Tanpa WhatsApp Business – Malas banget rasanya jika kita membalas pesan Whatsapp satu persatu, apalagi jika sedang banjir orderan yang mana kita harus membalas pesan dengan cepat agar pelanggan merasa nyaman.

Akan tetapi di jaman yang serba canggih ini kalian bisa memanfaatkan teknologi dengan membalas pesan WA secara otomatis, namun apakah bisa auto reply di WA tanpa menggunakan akun WhatsApp Business?

Fitur autoreply bisa sangat berguna bagi pengguna WhatsApp dari kalangan tertentu. Misalnya para pemilik usaha atau bisnis online. Tak heran jika banyak yang mencari cara balas pesan WA otomatis tanpa WhatsApp Business. Hal ini dinilai lebih simple sehingga tidak perlu punya dua WhatsApp.

Pada dasarnya, fitur autoreply ini digunakan sebagai sarana komunikasi yang efektif dengan pelanggan atau klien. Mengingat memberi tanggapan secara cepat penting dilakukan demi efektivitas waktu dan tenaga.

Cara Balas Pesan WA Otomatis Tanpa WA Business

Sebagian orang menganggap fitur autoreply WA ini hanya tersedia di WhatsApp Business. Tak heran jika banyak pebisnis yang memanfaatkan aplikasi WA Business untuk mengembangkan usahanya. Namun, ternyata kamu juga bisa memanfaatkan bantuan aplikasi pihak ketiga lho.

Jadi, cara kerjanya adalah dengan membuat sejenis chatbot untuk membalas pesan yang masuk secara otomatis. Tidak perlu khawatir, kamu tidak selalu harus punya WhatsApp Business lho. Di Playstore, tersedia berbagai macam aplikasi yang menyediakan fitur autoreply.

Baca juga:   Foto Entul TikTok Garuda Wisnu Satria Muda

Namun, pastikan aplikasi autoreply tersebut bisa diterapkan di WhatsApp. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk membalas pesan WA otomatis tanpa WA Business.

1. Menggunakan Aplikasi Auto Reply

Aplikasi yang dirilis vendor Pransulnc ini menyediakan autoreply sebagai fitur utama. Penggunaannya pun gratis sehingga kamu bisa memakainya dengan leluasa.

  • Langkah pertama, download dan install terlebih dahulu aplikasi Auto Reply yang tersedia di Playstore.
  • Setelah berhasil terinstall, beri izin aplikasi untuk mendeteksi notifikasi chat masuk di WA.
  • Nantinya, akan tampil menu utama dari aplikasi Auto Reply.
  • Klik simbol plus (+) yang terdapat di bagian tengan interface aplikasi. Menggunakan Aplikasi Auto Reply
  • Pada tahap ini, kamu sudah bisa membuat chatbot.
  • Akan terdapat pilihan jenis WhatsApp apa yang digunakan, apakah WhatsApp Official (versi reguler) atau WhatsApp Business.
  • Masukkan kata kunci yang akan memicu balasan chat otomatis. Misalnya dengan mengetikkan “p” lalu pilih opsi “All” agar semua chat yang masuk bisa dibalas otomatis.
  • Bisa juga dengan memasukkan keyword atau kata kunci yang lebih spesifik , contohnya “Halo” lalu pilih Exact Match untuk memicu balasan chat secara otomatis.
  • Jika memilih opsi tersebut, maka hanya chat yang berisi “Halo” saja yang akan mendapatkan balasan otomatis.
  • Setelah memasukkan keyword sesuai kebutuhan, buat isi balasan otomatis yang akan dimunculkan.
  • Jika sudah mengisi isi chat otomatis, beri centang di bagaian bawah kanan aplikasi.

Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, balasan otomatis akan muncul di menu utama aplikasi Auto Reply. Kamu juga bisa menonaktifkannya jika sudah tidak membutuhkannya lagi. Caranya dengan klik pesan tersebut hingga ujung tab yang berwarna merah.

Apabila ingin menambah isi chat bot, maka tinggal mengulang langkah-langkah yang sudah disebutkan sebelumnya.

2. Menggunakan GB WhatsApp

GB WhatsApp menjadi salah satu WA mod yang paling banyak digunakan. Tak heran jika fitur-fiturnya semakin diperbarui demi kepuasan penggunanya. Tak terkecuali fitur balasan otomatis atau auto reply yang akan dibahas di bawah ini.

Baca juga:   Kata-Kata Auto Reply WhatsApp

Download dan Install GB WA

Download dan Install GB WA

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah dengan mendownload GB WhatsApp terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa aplikasi modifikasi memang tidak bisa ditemui di Playstore. Oleh karena itu, kamu perlu mendownloadnya di situs yang menyediakannya.

Login atau Daftar

Setelah berhasil menginstall GB WA, silahkan buka aplikasinya. Kamu bisa login menggunakan nomor HP yang sebelumnya sudah terdaftar di WA. Bisa juga dengan membuat akun WA baru dengan memasukkan nomor yang berbeda.

Pilih Menu GB Settings

Jika sudah berhasil login, maka tinggal memilih menu GB Settings yang berada di pojok kanan atas. Setelah itu, pilih opsi Auto Reply Mesage dan pilih ikon tambah (+).

Mengisi Pesan dengan Auto Reply

Mengisi Pesan dengan Auto Reply

Setelah itu, silahkan isi pesan dengan kata-kata teks autoreply pada kolom Auto Reply Message yang disediakan. Kamu bisa mengisinya dengan kata-kata yang sesua. Misalnya jika menggunakan chatbot ini untuk bisnis online, maka bisa mengisinya dengan:

“Terimakasih ya kak sudah menghubungi Alia Hijab Store, chat akan dibalas mulai dari urutan paling bawah. Mohon bersabar ya kak^^”

Mengatur Receiver dan Specific Times

Langkah selanjutnya kamu bisa mengatur siapa saja yang akan menerima balasan otomatis yang sudah dibuat. Untuk memilihnya, tersedia pilihan Group, Contacts, atau Both (keduanya).  Selain itu, pengguna juga bisa menyetel waktu dimulai dan selesainya fitur autoreply.

Untuk menyesuaikannya, silahkan isikan pada bagian Start Time dan End Time.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengatur opsi lainnya agar lebih spesifik. Misalnya dengan menentukan Specific Contact/Groups dan Except Contact/Groups. Apabila pilihan ini dirasa merepotkan, langsung lanjutkan saja ke tahap berikut ini.

Mengaktifkan opsi Auto Reply Message

Langkah selanjutnya adalah tap tombol Add yang berada di bagian bawah menu. Aktifkan fitur balasan otomatis ini dengan memilih Auto Reply Message dengan tap toggle di sampingnya. Selamat, fitur auto reply sudah diaktifkan!

Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan tepat, maka WhatsApp yang kamu gunakan kini sudah mengaktifkan fitur autoreply. Fitur ini memungkinkan pesan yang masuk untuk dibalas secara otomatis sehingga lebih menghemat waktu.

Baca juga:   Tidak Bisa Ganti Foto Profil Instagram

Aplikasi Auto Reply Lainnya untuk WhatsApp

Sebagai aplikasi chat terbesar, banyak aplikasi ketiga yang memudahkan pengguna WA untuk memaksimalkan fitur-fitur di dalamnya. Tak terkecuali aplikasi autoreply yang bisa didapatkan dengan mudah di Playstore. Oleh karena itu, kamu bisa memilih yang paling direkomendasikan, yaitu:

1. Auto Reply for Whats – AutoRespond Bot

Auto Reply for Whats – AutoRespond Bot

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan kamu mengirim balasan chat secara otomatis tanpa ribet. Aplikasi ini akan sangat membantu jika pengguna membutuhkan fitur auto reply ke individu, grup, klien, dan lain sebagainya.

2. AutoResponder for WhatsApp

AutoResponder for WhatsApp

Aplikasi yang satu ini juga patut dicoba, yaitu AutoResponder for WhatsApp.  Aplikasi yang dirilis oleh TK Studio ini memungkinkan kamu memberi tanggapan otomatis untuk setiap chat yang masuk. Adapun setelan terhadap fitur ini terbilang cukup lengkap lho.

Pengguna bisa mengirim balasan otomatis untuk chat tertentu, pesan sambutan, jawaban pengganti, dan fungsi lainnya yang bisa disesuaikan.

3. WhatsAuto – Aplikasi Balas Otomatis

WhatsAuto – Aplikasi Balas Otomatis Aplikasi ini memungkinkan kamu mengiirm pesan balasan otomatis terhadap setiap WA yang diterima. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memilih kepada siapa saja ingin mengirim pesan auto reply, baik ke personal maupun grup tertentu.

Menariknya, tersedia pula Mode Pengemudi yang bisa diaktifkan. Artinya, aplikasi ini bisa mendeteksi ketika penggunanya sedang berkendara. Dengan demikian, aplikasi ini akan menangani pesan dengan memberi tahu kepada lawan chat bahwa kamu sedang berkendara, keren bukan?

Adanya fitur autoreply memang menjadi salah satu bukti kecil bahwa perkembangan teknologi aplikasi memang sangat memudahkan. Jadi, kamu tidak perlu membuang-buang waktu untuk membalas pesan yang sama bukan?.

Hanya itu yang dapat bappedaintanjaya.id ulas dan semoga apa yang sudah ditulis diatas bisa bermanfaat khususnya para pengguna aplikasi WhatsApp. Terimakasih.