Cara Bayar di Indomaret Pakai ShopeePay

Cara Bayar di Indomaret Pakai ShopeePay – Uang digital saat ini sudah banyak sekali jenisnya, nah bagi kalian yang mempunyai uang digital berbentuk Shopee pay namun tidak mengetahui bagaimana cara membayarnya di Indomaret, berikut ini informasi lengkapnya.

Keberadaan dompet digital sudah mulai menggeser dompet konvensional yang berisi uang kertas. Buktinya adalah semakin banyak yang mencari tahu cara bayar belanjaan di Indomaret pakai ShopeePay. ShopeePay sendiri adalah salah satu bentuk dompet digital yang disediakan oleh Shopee.

Dompet digital yang satu ini awalnya dirancang untuk mempermudah para pengguna Shopee dalam berbelanja online. Setelah memilih barang atau produk di Shopee, para pembeli bisa membayar dengan menggunakan ShopeePay dan tidak perlu melakukan transfer bank.

Saat ini, dompet digital ShopeePay bisa digunakan sebagai alat pembayaran di toko-toko offline. Jadi kalau kamu berbelanja di Indomaret tapi lupa membawa dompet, kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan ShopeePay, bagaimana cara menggunakannya?

Cara Bayar di Indomaret Pakai ShopeePay Mudah dan Praktis

Kalau kamu belum pernah mencoba berbelanja di Indomaret lalu membayar menggunakan ShopeePay, pastikan dulu ShopeePay-mu sudah terisi dan siap digunakan. Jangan lupa pastikan koneksi internet kamu lancar, karena semua dompet digital bergantung pada koneksi internet.

Baca juga:   Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Selanjutnya, kalau saldo ShopeePay sudah mencukupi dan siap digunakan, serta koneksi internet sudah dipastikan lancar, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini untuk melakukan pembayaran belanjaan menggunakan ShopeePay.

1. Memilih produk dan barang belanjaan

Memilih produk dan barang belanjaan

Setelah tiba di Indomaret terdekat dan sudah yakin bahwa saldo ShopeePay-mu mencukupi, kamu bisa mulai memilih dan mengambil barang belanjaan. Kamu juga bisa membeli berbagai produk digital, misalnya token listrik, tagihan, atau pulsa. Kemudian antri di bagian kasir.

2. Beritahu kasir kamu akan bayar pakai ShopeePay

Beritahu kasir kamu akan bayar pakai ShopeePay

Kalau sudah giliranmu untuk menghadap kasir, langsung sampaikan di awal bahwa kamu akan membayar menggunakan ShopeePay. Hal ini sangat penting karena beberapa Indomaret ternyata memisahkan kasir pembayaran tunai dan kasir pembayaran digital.

Jadi, pastikan kamu menyampaikan ke kasir bahwa akan membayar menggunakan ShopeePay sebelum salah satu belanjaanmu di scan oleh petugas kasir. Kalau ternyata Indomaret tersebut sedang tidak bisa menerima ShopeePay, kamu bisa menyiapkan uang tunai sejak awal.

3. Siapkan dompet digital ShopeePay-mu

Siapkan dompet digital ShopeePay-mu

Cara bayar di Indomaret pakai ShopeePay berikutnya adalah menjalankan app Shopee di perangkat selulermu. Pastikan koneksi internetnya lancar agar proses pembayaran bisa dilakukan tanpa kendala apapun. Temukan tombol Scan yang ada di halaman beranda aplikasi Shopee.

Tombol Scan tersebut berada di sebelah kiri dari saldo ShopeePay yang sama-sama ada di bagian beranda aplikasi ShopeePay. Shopee akan langsung membuka scanner yang bisa digunakan untuk memindai kode QR.

4. Tunjukkan QR Code ShopeePay-mu

Tunjukkan QR Code ShopeePay-mu

Di bagian bawah, disamping pilihan Scan kode QR, terdapat pilihan lain yaitu QR/Barcode. Tap pada pilihan itu untuk memunculkan kode QR akun ShopeePay milikmu. Kode itu harus ditunjukkan ke petugas kasir untuk melakukan pembayaran menggunakan ShopeePay.

Baca juga:   Cara Menggabungkan Foto

5. Lakukan konfirmasi pembayaran

Lakukan konfirmasi pembayaran

Untuk bisa menunjukkan kode QR tersebut, kamu akan diminta untuk memberikan konfirmasi dengan melakukan autentikasi sidik jari atau memasukkan PIN ShopeePay. Setelah sidik jari atau PIN diberikan sebagai konfirmasi, kode QR ShopeePay milikmu akan muncul di layar.

6. Mengubah QR Code menjadi Barcode

Mengubah QR Code menjadi Barcode

Agar pembayaran bisa dilakukan, kamu perlu mengubah kode QR yang muncul menjadi barcode atau kode batang. Caranya sangat mudah, tinggal tap pada tombol Ganti ke Barcode yang ada di bagian bawah kode QR. Setelah tombol itu kamu sentuh, kode QR akan otomatis berganti menjadi barcode.

Masa berlaku kode batang atau barcode tersebut dibatasi selama 1 menit saja. Setelah melewati 1 menit, kamu harus melakukan autentikasi sidik jari lagi atau memasukkan ulang PIN ShopeePay.

7. Tunjukkan barcode ke petugas kasir

Tunjukkan barcode ke petugas kasir

Lakukan pembayaran dengan menyerahkan kode batang tersebut ke petugas kasir Indomaret. Barcode akan discan dan pembayaran akan diproses. Setelah proses pembayaran dilakukan, kamu akan menerima nota pembayaran. Jangan terima begitu saja dan langsung meninggalkan Indomaret.

Pastikan bahwa keterangan di nota sudah sesuai dengan barang atau produk yang kamu beli di Indomaret. Periksa juga saldo ShopeePay dan mutasinya. Pastikan bahwa jumlah yang dibayar sesuai dengan jumlah yang kamu beli, tidak lebih besar atau lebih kecil.

Cara Bayar di Indomaret Pakai ShopeePay dengan Promo

Biasanya, Indomaret menyediakan berbagai promo yang menarik dan berbeda-beda setiap bulannya. Salah satu contoh promonya berkaitan dengan metode pembayaran menggunakan ShopeePay. Untuk bisa melihat informasi promo yang berkaitan dengan ShopeePay, kamu bisa mengecek secara online.

Misalnya, kamu bisa melihat aplikasi Shopee-mu, kadang Shopee menunjukkan promo yang berhubungan dengan Indomaret. Atau kamu bisa berkunjung langsung ke Indomaret dan melihat promo apa yang didapatkan dengan melakukan pembayaran memakai ShopeePay.

Baca juga:   Cara Mengganti Tema Windows 10

Promo yang paling sering ditawarkan adalah potongan pembayaran atau potongan harga di beberapa produk yang tersedia di Indomaret. Manfaatkan setiap promonya sebaik mungkin.

Mengisi Saldo dan Membayar Tagihan di Indomaret

Selain berbelanja di Indomaret menggunakan ShopeePay, kamu juga bisa mengisi saldo ShopeePay dan membayar tagihan ShopeePayLater di Indomaret. Tinggal infokan saja bahwa kamu ingin mengisi ulang saldo ShopeePay pada petugas kasir dan ikuti langkah-langkah yang diminta oleh petugas kasir.

Untuk membayar tagihan ShopeePayLater di Indomaret juga sangat mudah. Ada beberapa informasi yang perlu kamu berikan pada petugas kasir Indomaret. Pastikan username atau ID ShopeePay yang kamu berikan ke petugas kasir Indomaret sudah benar agar proses pembayaran bisa cepat selesai.

Selain Indomaret, beberapa minimarket lain juga sudah mendukung sistem pembayaran dengan menggunakan ShopeePay. Gunakan cara bayar di Indomaret pakai ShopeePay di minimarket lain.

Semoga apa yang dibahas oleh Bappedaintanjaya.id dapat bermanfaat buat semuannya. Terimakasih.