Cara Daftar Akun Shopee Sebagai Penjual atau Pembeli

Cara Daftar Akun Shopee Sebagai Penjual atau Pembeli – Buat kamu yang belum mempunyai akun shopee silahkan mendaftar, karena untuk bikin akun shopee caranya sangat mudah sekali, yuk kita lihat bagaimana tutorial cara mendaftarnya dibawah ini.

Saat ini, ada banyak cara untuk menjalankan bisnis. Misalnya, kamu bisa menjalankan toko secara online di marketplace Shopee. Untuk melakukannya, kamu perlu memahami cara daftar akun Shopee sebagai penjual atau pembeli terlebih dahulu. Cara melakukannya mudah dan tidak rumit.

Sebelum mulai melakukan pendaftaran akun di marketplace tersebut, kamu bisa memikirkan dulu nama yang bagus untuk toko online yang kamu jalankan dan mudah diingat oleh orang-orang yang akan menjadi pelangganmu nanti. Sehingga toko online milikmu bisa ditemukan dengan mudah.

Shopee adalah marketplace yang menawarkan kemudahan dan berbagai promo gratis ongkir bagi para penggunanya. Di marketplace ini kamu bisa menjadi penjual sekaligus pembeli dengan satu akun yang sama. Bagaimana cara mendapatkan akun Shopee milikmu sendiri?

Cara Mendaftarkan Akun di Marketplace Shopee

Seperti halnya berbagai situs atau marketplace online yang lain, Shopee menjaga keamanan setiap pembeli dan penjual dengan mengharuskan para pengguna Shopee untuk membuat akun. Cara membuat akun juga sangat mudah, bisa menggunakan email, nomor HP, atau akun Facebook.

Kamu bisa mengikuti beberapa cara daftar akun Shopee sebagai penjual atau pembeli di bawah ini.

1. Mendaftar akun shopee sebagai pembeli

Pertama-tama kamu bisa membuat akun Shopee biasa atau akun yang bisa langsung digunakan untuk berbelanja di berbagai toko online yang ada di Shopee. Proses pembuatan akun pembeli ini sangat mudah. Berikut ini langkah lengkap untuk membuat akun pembeli di Shopee.

  • Download dulu aplikasi Shopee terbaru dari App Store atau Play Store, tergantung jenis perangkat seluler yang kamu gunakan untuk mengakses marketplace Shopee. Setelah aplikasi terpasang di perangkat, jalankan aplikasi tersebut.
  • Tap di bagian kanan bawah yang bertuliskan Saya untuk melihat berbagai pengaturan profil yang tersedia. Kalau kamu belum melihat data profil karena belum punya akun, akan ada dua tombol tersedia, yaitu Login dan Daftar. Tap pada tombol Daftar.
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisikan Nomor HP yang aktif. Pastikan kamu menggunakan nomor HP yang digunakan untuk berjualan sehingga nanti tidak perlu mengubah data nomor HP. Pastikan juga nomor itu bisa dihubungi via SMS dan WhatsApp. Mendaftar akun shopee sebagai pembeli
  • Setelah mengisikan nomor HP aktif, tap pada tombol Lanjut. Shopee akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS. Tunggu sampai SMS kode masuk, lalu isikan kode verifikasi di kolom yang ada kemudian tap pada tombol Verifikasi.
  • Sekarang kamu perlu mengisi berbagai data seperti username, foto profil, dan password. Untuk bagian username bisa langsung diisi dengan nama toko yang mudah diingat. Lalu gunakan foto brandmu sebagai foto profil di Shopee.
  • Kalau semua data sudah diisi sesuai dengan semua data toko online yang kamu kelola, tap pada tombol Daftar.
Baca juga:   Cara Bayar di Indomaret Pakai ShopeePay

Cara daftar akun Shopee sebagai penjual atau pembeli di atas sudah selesai. Sekarang kamu bisa belanja secara online dengan lebih leluasa. Biasanya, akan ada berbagai promo menarik dari Shopee dan dari berbagai toko di Shopee untuk para pengguna baru.

Manfaatkan promo-promo yang ada untuk belanja berbagai produk yang kamu butuhkan dengan harga yang jauh lebih murah. Kalau kamu sudah tidak sabar untuk mulai berjualan di marketplace yang sangat populer ini, ada langkah yang masih harus diikuti untuk mulai berjualan.

2. Mendaftar sebagai penjual atau seller Shopee

Setelah kamu mempunyai akun pembeli di marketplace Shopee, kamu bisa mulai melengkapi profil kios atau toko online milikmu. Caranya sama-sama mudah, ikuti semua cara daftar akun Shopee sebagai penjual atau pembeli yang ada di bawah ini untuk bisa mulai berjualan di Shopee.

  • Jalankan app Shopee yang tadi sudah kamu download dan pasang di smartphone. Masuk lagi ke menu Saya yang ada di bagian kanan bawah jendela Shopee. Sekarang kamu akan melihat foto profil dan username di bagian atas menu Saya ini.
  • Tap pada pilihan Toko Saya yang terletak di bagian atas foto profil Shopee milikmu. Bagian ini akan membuka berbagai pengaturan yang berkaitan dengan akun penjual. Nantinya semua pesanan yang masuk bisa kamu lihat di bagian ini.
  • Scroll ke bagian bawah lalu tap pada pilihan Asisten Penjual. Bagian ini berisi berbagai pengaturan yang bisa diterapkan ke toko online milikmu. Pertama-tama atur terlebih dahulu tampilan tokomu dengan membuka menu Profil Toko. Mendaftar sebagai penjual atau seller Shopee
  • Tentukan dan isikan data toko seperti Nama Toko, username toko (bisa diubah satu kali setiap 30 hari), foto atau video tentang tokomu, dan deskripsi toko. Gunakan kata-kata yang menarik tapi tetap mudah dipahami. membuat akun shopee
  • Tap tombol Simpan di bagian kanan atas jendela Shopee untuk menerapkan semua perubahan yang tadi kamu masukkan. Untuk menerapkan lebih banyak pengaturan, tap pada menu Pengaturan Toko.
  • Pengaturan Toko menyediakan akses untuk beberapa pengaturan tambahan, misalnya mengaktifkan fitur auto replysehingga semua chat dari pelanggan yang masuk akan otomatis dijawab oleh robot.
  • Untuk memilih kategori toko yang kamu kelola, tap pada pilihan Seller Center. Kamu akan diarahkan ke web browser untuk menerapkan berbagai pengaturan kompleks sehingga toko online milikmu akan terlihat semakin profesional.
Baca juga:   Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Kalau semua cara daftar akun Shopee sebagai penjual atau pembeli di atas sudah kamu ikuti dengan benar, kamu bisa mulai mempromosikan semua barang daganganmu di etalase Shopee. Caranya adalah masuk ke bagian Toko Saya lalu tap tombol Tambah Produk Baru.

Isi semua kolom yang tersedia dengan benar dan akurat. Sehingga para pembeli bisa mendapatkan informasi produk yang lengkap dan langsung melakukan checkout dan meningkatkan sales atau penjualanmu.

Untuk mendapatkan informasi terbaru kalian bisa mengunjungi website Bappedaintanjaya.id, karena disini akan ada artikel menarik seputar teknologi dan game. Terimakasih.