Cara Melacak HP Hilang Dengan Imei

Cara Melacak HP Hilang Dengan Imei – Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Cara Melacak HP Hilang Dengan Imei dengan aplikasi dan tanpa aplikasi mudah terbaru 2021.

Kemajuan zaman pada jaman sekarang semakin bertambah dengan pembaruan dan juga penemuan di bidang teknologi yang sangat canggih dan juga semakin mempermudah hidup dan kesejahteraan semua orang.

Bisa di lihat bahwa yang dulunya telepon seluler yang tidak canggih sehingga sekarang terdapat smartphone yang bisa di gunakan para pengguna untuk saling berkomunikasi secara online atau virtual.

Oleh karena itu pada jaman sekarang sudah tidak heran lagi bahwa semua orang bergantung pada smartphone untuk sarana bersosialisasi, bekerja maupun berkomunikasi.

Tidak heran lagi bagi para pengembang smartphone mereka berlomba-lomba untuk terus mengembangkan semua fitur yang ada di smartphone untuk jadi lebih canggih dan menarik.

Salah satu contoh mereka telah membuat ide yaitu untuk dapat melacak sebuah smartphone yang telah hilang atau di curi dengan melalui IMEI, untuk kalian yang penasaran, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu IMEI?

Apa Itu IMEI

IMEI yaitu angka yang memang biasanya sudah terkonfigurasi dengan unik untuk dapat mengidentifikasi sebuah smartphone 3GPP dan IDEN, dan juga beberapa telepon satelit.

Biasanya sangka tersebut terdapat di kompartemen baterai smartphone, tapi juga ada di tampilan layar, sebagian besar smartphone telah memasukan *#06# di dial ataupun di samping sebuah informasi system yang lainnya.

Bagi semua jaringan GSM yang mereka telah menggunakan sebuah nomor IMEI untuk dapat mengidentifikasi semua perangkat dengan valid dan juga bisa menghentikan sebuah smartphone yang curian agar dapat mengakses semua jaringan misalnya jika smartphone kalian di curi, atau hilang.

Baca juga:   Cara Mengetahui ID ShopeePay

Maka pemiliki dari ponsel tersebut dapat meminta penyedia dari jaringan untuk menggunakan nomor IMEI untuk dapat bisa memasukan nomor tersebut.

Dalam hal tersebut membuat ponsel untuk tidak dapat di gunakan lagi di jaringan tersebut dan terkadang sampai ke jaringan yang lainnya walaupun pencuri itu sudah mengubah modul identitas dari pelanggan (SIM) ponsel.

Jika prangkat itu tanpa kartu maka ponsel tersebut tidak memiliki kode IMEI, tetapi IMEI hanya dapat mengidentifikasi sebuah perangkat dan juga tidak memiliki hubungan yang sangat khusus dengan sebuah pelanggan.

Telepon dapat mengidentifikasi pelanggan dengan cara mengirimkan sebuah nomor international mobile subscriber identity (IMSI) yang telah di dimpah di kartu SIM dengan cara teori dan dapat di transfer di handset apapun itu.

Tapi karena adanya kemampuan jaringan untuk dapat mengetahui pemilik dari telepon seluler saat ini maka perangkat individu memungkinkan untuk dapat mengaktifkan semua fitur jaringan dan juga keamanan.

Cara Mengetahui Dan mendapatkan Nomor IMEI

Cara Mengetahui Dan mendapatkan Nomor IMEI

Jika kita ingin mengetahui nomor imei dan melacak ponsel yang telah hilang, tentu kalian harus mengetahui langkah atau cara untuk dapat mengecek sebuah nomor IMEI. Berikut adalah cara untuk mengcek nomor IMEI.

  1. Langkah pertama kalian harus menemukan kembali box saat kalian membeli smartphone yang biasanya juga terdapat barcode dan juga nomor IMEI.
  2. Selanjutnya, kalian juga bisa mencoba atau menghubingi dial #04 dial tersebut untuk dapat menampilkan nomor IMEI kalian yang ada di smartphone layar kalian.
  3. Lalu kalian bisa melihat baterai smartphone kalian disana akan menampilkan 15 atau 16 digit nomor dari IMEI.
  4. Untuk pengguna android kalian juga dapat mencoba dengan cara membuka pengaturan lalu pilih about phone, status, IMEI Information yang ada di smartphone kalian.
  5. Untuk para pengguna iphone kalian dapat mencoba cara ini yaitu dengan cara membuka menu pengaturan, general, about yang ada pada smartphone kalian.

Tutorial Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan IMEI Tanpa Email

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan IMEI Tanpa Email

Untuk setiap smartphone memang nomor IMEI sudah terhubung di database kartu SIM pilihan kalian.

Baca juga:   Cara Daftar Akun Shopee Sebagai Penjual atau Pembeli

Oleh karena itu jika ada ponsel yang hilang akan membutuhkan sebuah Surat keterangan dari pihak yang memangberwenag untuk dapat meminta pihak dari operator untuk dapat melacak smartphone yang telah hilang dengan menggunakan nomor IMEI tersebut.

Memang kalian harus membutuhkan banyak waktu untuk mencari ponsel yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI, karena itu kalian dapat menggunakan cara yang lain untuk dapat melacak ponsel kalian yang hilang yaitu dengan akun Google ataupun Apple ID kalian.

Pelacakan ponsel yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI itu tidaklah praktis karena harus dengan melalui beberapa pihak, namun kalian bisa melacak ponsel yang hilang dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Dapat Menghubungi Operator Provider Smartphone

Dapat Menghubungi Operator Provider Smartphone

Cara ini adalah cara yang pertama yang kalian harus lakukan jika kalian kehilangan smartphone. Kalian harus menghubungi service center operator dan juga harus memberitahu mereka bahwa kalian sedang kehilangan smartphone dan kalian ingin mencari smartphone tersebut. Dari pihak operator sendiri nantinya akan meminta surat keterangan hilang yang nantinya di urus polisi.

Jika kalian menggunakan cara ini maka kalian harus bersiap-siap untuk dapat menghubungi pihak yang berwajib untuk dapat melacak nomor IMEI tersebut. Kalian juga seharusnya memberitahu anggota keluarga bahwa kalian sedang kehilangan smartphone.

Namun pencuri tersebut akan mengganti kartu provider dan akan mematikan smartphone tersebut, kemungkinan provider mampu untuk melacak lokasi tersebut jika SIM kalian masih terpasang di smartphone tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Google Find My Device Untuk Pengguna Android

Menggunakan Aplikasi Google Find My Device Untuk Pengguna Android

Cara ini adalah cara yang kedua yang kalian harus lakukan jika kehilangan smartphone, Berikut ini adalah caranya.

  • Langkah pertama kalian harus membuka situs dari google find my device yang nantinya akan menampilan sebuah peta dan juga lokasinya di smartphone kalian.
  • Lalu aplikasi tersebut akan memberikan sebuah opsi yang bisa kalian lakukan yaitu opsi untuk membunyikan suara, mengamankan smartphoe dan terkahir menghapus data.
  • Lalu, kalian dapat memilih sebuah fitur opsi yaitu mengamankan smartphone dengan cara klik secure device.
  • Selanjunya, smartphone kalian akan langsung terkunci dan sign out secara otomatis di akun google kalian, tapi kalian harus tetap melacak ponsel walaupun sudah sign out.
  • Kalian bisa mencari smartphone kalian dengan tampilan yang telah di tampilkan oleh peta.
  • Jika kalian sudah sampai di lokasi tersebut, kalian bisa klik play sound agar smartphone kalian berbunyi dan kalian dapat mencari keberadaan dari smartphone tersebut.
  • Selanjutnya, kalian juga dapat menggunakan opsi erase device agar bisa menghapus data yang ada di smartphone kalian.
Baca juga:   Cara Membuat Twibbon Sekolah

3. Aplikasi Find My Iphone Untuk Para Pengguna Iphone

Aplikasi Find My Iphone Untuk Para Pengguna Iphone

Aplikasi ini hampir sama dengan pencarian smartphone untuk pengguna android, namun hanya saja aplikasi ini telah di gunakan bagi mereka yang menggunakan Iphone untuk pemilik IOS 5 ke atas dan mempunyai ID Apple yang valid. Berikut ini adalah cara-caranya.

  • Langkah pertama kalian harus masuk dan kunjungi web Icloud, lalu kalian bisa login dengan cara menggunakan ID Apple kalian.
  • Lalu bisa klik menu find my iphone yang nantinya akan terhubung secara otomatis untuk melacak keberadaan dan juga lokasi dari ponsel kalian yang nantinya terhubung dengan koneksi internet.
  • Jika iphone kalian sudah terhubung di internet, lalu kalian akan dapat untuk mencoba mengaktifkan sebuah pilihan untuk dapat menerima email agar bisa melacak lokasi yang ada di peta.
  • Terakhir, Iphone kalian akan memberikan beberapa opsi yaitu untuk mendengarkan sebuah suara, dapat mengirim pesan, dan menghapus semua data-data yang ada di ponsel kalian serta dapat mengunci ponsel kalian dalam jarak yang jauh.

Penutup

Untuk dapat melacak smartphone yang hilang memanglah tidak mudah apalagi dengan menggunakan nomor IMEI. Selain banyak caranya kita juga membutuhkan pihak yang berwajib untuk dapat bekerja sama dalam melacak smartphone tersebut.

Cara ini memanglah tidak mudah dan tidak praktis. Kalian juga dapat memilih opsi yang lainnya seperti yang sudah kita jelaskan di atas. Sekian dari Bappedaintanjaya.id. Semoga bermanfaat.