Cara Membuat Twibbon Sekolah

Cara Membuat Twibbon Sekolah – Halo semunya apa kabar? semoga semuanya sedang dalam sehat dan baik. Disini kami akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk bikin Twibbon bertema sekolahan, baik itu event, pelajaran dan lainnya.

Cara membuat twibbon sekolah bisa dilakukan secara online atau offline. Karena difungsikan untuk kebutuhan sekolah beserta promosi. Diharapkan pihak sekolah bisa membuat template atau desainnya terlebih dahulu. Dengan begitu seluruh siswa ataupun mahasiswa bisa menggunakannya.

Twibbon sekolah biasanya memiliki beberapa desain khusus. Biasanya desain itu berhubungan dengan informasi sekolah serta jenis kampanye yang sedang diadakan. Beberapa hal yang sifatnya terlalu sensitif tidak akan ditampilkan pada template twibbon tersebut.

Apabila kamu adalah seorang guru ataupun orang yang bekerja di sekolah dan ditugaskan untuk membuat twibbon. Ada baiknya untuk menyimak beberapa pembahasan dalam artikel ini. Dengan begitu telepon bisa dimanfaatkan dengan baik.

Cara Membuat Twibbon Sekolah

Twibbon sekolah bisa dibuat dengan dua tahapan. Pertama dilakukan secara offline dan yang kedua bisa dilakukan secara online. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Cara Offline

Cara Offline

Pertama adalah melakukan proses desain terlebih dahulu dengan menggunakan Adobe Photoshop ataupun Corel. Yang perlu diperhatikan adalah dengan membuat desain kasar terlebih dahulu. Selanjutnya minta desainer untuk merealisasikannya.

Pembuatan ini harus memiliki 2 komponen penting. Pertama adalah bagian tengah yang kosong dan nantinya akan diisi dengan foto. Selanjutnya adalah bagian bingkai yang memuat berbagai jenis informasi seperti nama dari sekolah dan informasi event atau acara yang diadakan.

Baca juga:   Cara Pinjam Uang di Shopee

Setelah desain selesai dibuat maka proses selanjutnya adalah dengan mengunggahnya agar bisa digunakan secara online.

2. Cara Online

Cara Online

Cara membuat twibbon secara online bisa dilakukan dengan mengunggah file template yang sudah dibuat sebelumnya. Kamu bisa menggunakan situs seperti Twibbonize. Situs ini bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis twibbon secara mudah.

Setelah mengunggah di sana maka jangan lupa untuk membagikan link atau tautan kepada para siswa. Dengan begitu siswa bisa langsung membukanya melalui ponsel dan mengunggah foto mereka dengan menggunakan twibbon sebelum akhirnya disimpan.

Tips Membuat Twibbon Sekolah

Setelah memahami cara membuat twibbon sekolah, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips di bawah ini.

  • Gunakan situs untuk membuat twibbon yang mudah dan cukup dikenal. Dengan begitu seluruh siswa bisa membuka baik melalui PC ataupun HP.
  • Berikan tautan yang mudah dipakai sehingga mereka tidak perlu melakukan apapun dan hanya butuh mengunggah foto untuk dipakai.
  • Lakukan uji coba terlebih dahulu apakah template yang dibuat sudah sesuai jika diberi foto atau tidak. Jika sudah sesuai maka bisa langsung diberikan pada siswa.
  • Usahakan untuk memberikan twibbon jauh-jauh hari sebelum event dilakukan. Dengan begitu seluruh siswa bisa menggunakannya pada saat hari H.

Komponen Penting di Twibbon Sekolah

Ada beberapa komponen penting yang harus ada pada twibbon sekolah. Komponen penting itu terdiri dari.

1. Informasi Sekolah

Informasi Sekolah

Hal pertama yang harus ada dalam ribbon sekolah adalah informasi. Karena dibuat oleh suatu lembaga pendidikan tertentu maka informasi sekolah tersebut harus dimunculkan. Informasi tidak harus terlalu detail dan akhirnya memenuhi bagian bingkai dari twibbon.

Informasi yang dimunculkan bisa dalam bentuk nama dari sekolah tersebut. Bisa SMA atau SMP yang berasal dari daerah mana. Bisa juga menggunakan nama sebutan dari sekolah tersebut yang sudah dikenal oleh masyarakat khususnya di area tersebut.

Baca juga:   Cara Edit Twibbon dari Google Drive

Informasi seputar alamat dan akun media sosial lainnya juga bisa ditambahkan asam memiliki tempat yang cukup. Intinya segala hal bisa ditambahkan sesuai dengan porsi asal tidak terlalu berlebihan dan akhirnya membuat twibbon menjadi tidak menarik lagi untuk digunakan.

2. Logo atau Semboyan Sekolah

Logo atau Semboyan Sekolah

Selanjutnya adalah memberi logo atau semboyan dari sekolah tersebut. Apabila informasi seputar sekolah tidak ditambahkan semuanya maka bisa diganti dengan logo sehingga semua orang bisa mengetahui jika twibbon ini dibuat oleh sekolah tertentu.

Logo ini bisa diletakkan di bagian atas sehingga Semua orang bisa langsung melihatnya. Pastikan logo sudah menyatu dengan baik bersama dengan bingkai sehingga warnanya tidak bertabrakan. Begitu logo bisa terlihat dengan jelas.

3. Informasi Event

Informasi Event

Selanjutnya harus ada informasi terkait dengan event atau acara yang sedang diadakan. Misal ada acara dies natalis yang ke beberapa tahun. Tambahkan juga informasi tanggal dari acara tersebut pada twibbon agar lebih jelas. Dengan begitu informasi event atau acara tidak terpotong.

Pemberian informasi event ini sangat penting karena sesuai dengan manfaat dari twibbon itu sendiri. Platform ini digunakan untuk melakukan promosi di media sosial karena akan digunakan sebagai foto. Selain itu foto juga bisa digunakan sebagai profil sehingga Semua orang bisa lebih mudah melihatnya.

4. Desain yang Netral

Desain yang Netral

Usahakan untuk membuat desain yang cukup netral sehingga bisa digunakan hingga berkali-kali. Desain wanita ini bisa dilihat dari warna yang digunakan hingga komponen lain ada di dalamnya seperti font sampai gambar.

Tidak disarankan untuk menambahkan elemen yang terlalu sensitif untuk beberapa siswa atau kelompok tertentu. Jadi meski siswa tersebut berasal dari suku atau agama apapun tidak akan masalah jika ingin menggunakan twibbon yang disediakan oleh sekolah.

Baca juga:   Cara Menggabungkan Foto

5. Mudah Digunakan

Mudah Digunakan

Usahakan untuk membuat twibbon yang lebih mudah untuk digunakan. Kamu bisa mengubahnya terlebih dahulu ke situs Twibbonize. Selanjutnya berikan tautan atau link kepada siswa sehingga mereka hanya perlu melakukan dan mengubah foto untuk menggunakannya.

Cara membuat twibbon sekolah seperti yang sudah dibahas di atas ternyata cukup mudah. Yang perlu diperhatikan oleh pembuatnya adalah desain harus sesuai dengan karakter sekolah tersebut. Selain itu desain juga harus netral sehingga tidak akan menyebabkan masalah pada siswa.

Twibbon ini dianjurkan untuk acara besar, bisa acara dies natalis sekolah atau event perlombaan lain. Dengan begitu semua siswa bisa ikut berpartisipasi di dalamnya dan ikut menyebarkan event atau acara yang sedang dilakukan. Terakhir, twibbon juga bisa digunakan untuk meningkatkan kekompakan.

Itulan beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk membuat twibbon sekolah MPLS atau kegiatan lainnya. Semoga apa yang sudah bappedaintanjaya.id jelaskan bermanfaat. Terimakasih.