Cara Mengetahui ID ShopeePay

Cara Mengetahui ID ShopeePay – Apakah kalian sedang mencari iD Shopee Pay di akunmu? Namun hingga saat ini belum menemukan dibagian mana letak nomor id nya? Jangan khawatir disini dijelaskan bagaimana cara melihat iD Shopeepay dengan mudah.

ShopeePay merupakan dompet digital yang semakin multifungsi. Kamu bisa menggunakan ShopeePay untuk belanja di Shopee dan di berbagai kios fisik yang mendukung pembayaran ShopeePay. Tapi tahukah kamu bagaimana cara mengetahui ID ShopeePay milikmu sendiri?

Mengetahui ID ShopeePay sangat penting agar kamu bisa mengisi ShopeePay dan menggunakannya untuk berbelanja, baik secara online maupun secara offline. Kalau kamu tidak tahu ID ShopeePay milikmu sendiri, kamu akan kesulitan untuk mengisi ulang saldo ShopeePay milikmu.

Akibatnya, kamu jadi kesulitan dalam membayar berbagai belanjaan yang ada di keranjang belanja Shopee. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu ID ShopeePay yang kamu miliki. Apa saja caranya?

Cara Mengetahui ID ShopeePay dari Virtual Account

Nomor ShopeePay merupakan sebuah kode virtual account yang terdiri dari kode bank yang diikuti dengan nomor HP milikmu yang digunakan untuk mendaftar akun Shopee. Dulu, kode virtual Shopee selalu berubah, tapi saat ini kode virtual tersebut sudah dibenahi oleh Shopee.

Untuk mengetahui nomor atau ID ShopeePay milikmu sendiri, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini:

1. Melakukan Login ke Akun Shopee

Melakukan Login ke Akun Shopee

Langkah pertama untuk bisa melihat ID atau nomor ShopeePay adalah dengan menjalankan aplikasi Shopee lalu melakukan login dengan menggunakan password serta username yang sudah terdaftar. Setelah berhasil login, kamu akan melihat saldo Shopeepay di halaman beranda.

Baca juga:   Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

2. Membuka Menu ShopeePay

Membuka Menu ShopeePay

Tap pada bagian saldo ShopeePay tersebut, yang ada di halaman beranda. Kamu akan langsung diarahkan ke halaman khusus ShopeePay. Halaman tersebut menampilkan berbagai pilihan menu, yaitu Isi Saldo, Kode Bayar, Bayar, Transfer, Minta Dana, dan Tarik Dana.

3. Melihat ID ShopeePay dari Metode Pembayaran

Melihat ID ShopeePay dari Metode Pembayaran

Tap pada menu pertama yang ada di halaman ShopeePay, yaitu Isi Saldo. Di halaman Isi Saldo kamu akan menemukan berbagai metode pengisian atau pembayaran yang berbeda. Pilih metode pembayaran transfer bank, lalu pilih bank sesuai dengan bank yang kamu gunakan sehari-hari.

Sebagai contoh, kalau kamu adalah pengguna bank BCA, tap pada pilihan Bank BCA (Dicek Otomatis). Selanjutnya, tap di tombol Konfirmasi yang ada di bagian bawah halaman isi saldo ini. Nomor ShopeePay milikmu akan muncul di bagian No. Rekening, yaitu berupa virtual account.

Kamu bisa menggunakan nomor ShopeePay tersebut untuk mengisi saldo dengan cara melakukan transfer dari ATM, menggunakan e-banking, aplikasi m-banking, atau dengan layanan SMS banking.

Cara Mengetahui ID ShopeePay dari Web Shopee

Shopee bisa digunakan untuk berbelanja dan saling berkirim dana dengan teman-temanmu yang juga menggunakan Shopee. Untuk melakukan transfer dana dari satu akun Shopee ke akun lainnya, dibutuhkan ID ShopeePay penerimanya.

Jadi kalau kamu akan menerima dana Shopee dari teman melalui transfer, kamu perlu mengetahui ID Shopee yang kamu miliki. Bagaimana cara mengetahuinya? Kamu bisa dengan mudah mengetahui ID ShopeePay milikmu dengan cara melihatnya di situs web resmi Shopee. Caranya gampang:

  • Jalankan aplikasi web browser yang bisa digunakan untuk membuka alamat situs web Shopee. Kamu bisa menggunakan web browser versi smartphone maupun yang ada di laptop atau PC. Kemudian ketikkan alamat Shopee yaitu co.iddan tekan tombol Enter.
  • Klik tombol Log In yang ada di bagian kanan atas halaman situs web Shopee. Kalau kamu tidak ingat username Shopeemu, gunakan nomor HP atau alamat email serta password untuk Log in ke akun Shopee.
  • Setelah berhasil Log In atau masuk ke akun Shopee, kamu akan kembali lagi ke halaman beranda Shopee, tapi kali ini username atau ID Shopee milikmu akan terpampang di kanan atas halaman beranda.
Baca juga:   Cara Mengganti Tema Windows 10

Cara Mengetahui ID ShopeePay dari Web Shopee

Username itu merupakan ID ShopeePay yang bisa kamu gunakan untuk transfer dana antara ShopeePay. Setelah mengetahui ID ShopeePay tersebut, kamu bisa memakainya untuk menerima transferan dana dari pengguna Shopee yang lain. Bagaimana caranya?

Untuk bisa melakukan transfer ke akun ShopeePay milikmu, pengguna Shopee lain bisa mengikuti beberapa langkah ini.

  • Jalankan app Shopee di perangkat Android atau iPhone. Buka menu Saya yang posisinya ada di bagian kanan bawah jendela Shopee. Setelah masuk ke halaman profil, tap ShopeePay yang ada di bawah menu Dompet Saya.
  • Selanjutnya, tap pada pilihan Transfer yang merupakan menu pertama di halaman Shopee. Dana Shopee bisa ditransfer ke nomor HP atau ID ShopeePay. Berikan ID ShopeePay yang sudah kamu ketahui dengan mengikuti cara mengetahui ID ShopeePay di atas ke temanmu. Cara Mengetahui ID Shopee Pay dari Web Shopee
  • Ketikkan ID ShopeePay di kolom pencarian yang tersedia. Setelah muncul username dan nama pengguna yang benar, tap pada username tersebut untuk memulai proses transfer. Isikan nominal dana yang akan ditransfer.
  • Pengguna Shopee yang akan mentransfer dana juga bisa mengetikkan deskripsi dan menambahkan stiker yang menarik ke penerima dana Shopee. Setelah itu tap tombol Konfirmasi di bagian bawah halaman transfer ShopeePay.
  • Masukkan PIN Shopee untuk memberikan konfirmasi bahwa akan ditransfer ke pengguna Shopee lainnya. Dana akan segera berpindah dari satu akun Shopee ke akun Shopee lain.

ID ShopeePay juga bisa diketahui secara langsung dari aplikasi Shopee yang kamu miliki di perangkat seluler. Langsung masuk ke menu Saya untuk melihat username Shopee milikmu yang muncul di bagian atas jendela profil. Username itu adalah ID ShopeePay.

Pilih cara mengetahui ID ShopeePay yang paling mudah untuk kamu ikuti. Setelah mengetahui ID atau nomor ShopeePay, kamu bisa melakukan top up dengan lebih mudah dan praktis.

Baca juga:   Cara Melacak HP Hilang Dengan Imei

Catat nomor atau ID ShopeePay sehingga di lain hari kamu tidak perlu susah payah mencari tahu lagi. Semoga ulasan dari www.bappedaintanjaya.id ini bermanfaat, sampai jumpa dan terimakasih.