Cara Mengganti Tema Windows 10

Cara Mengganti Tema Windows 10 – Komputer adalah perangkat dengan teknologi tinggi yang bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan. Hardware dan software adalah dua komponen utama dari suatu komputer.

Pada bagian software, bagian yang paling penting adalah Operating System (OS) atau Sistem Operasi. OS bertugas sebagai sistem dasar untuk menjalankan komputer tersebut. Dan Sistem Operasi yang paling populer saat ini untuk komputer dan laptop adalah OS Windows.

Windows terpilih menjadi OS yang diandalkan oleh banyak pengguna di dunia bukan tanpa alasan. Tampilan yang sederhana, mudah dan nyaman digunakan menjadi salah satu alasan penggunaan OS Windows.

Terlebih, kita sebagai pengguna bisa mengganti tampilan Windows sesuai dengan keinginan. Contohnya adalah wallpaper, screensaver, lockscreen, icon aplikasi, bentuk kursor, serta tema. Kali ini kita akan membahas cara mengubah tema pada Windows 10.

Tampilan Windows 10

Tampilan Windows 10

Perangkat digital yang memiliki monitor pasti memiliki suatu design yang digunakan untuk menampilkan data dan informasi di dalamnya. Mulai dari data, proses, file, dan lain – lain.

Contoh paling sederhana adalah kalkulator, kita bisa melihat tampilan angka dan beberapa huruf di dalamnya. Kita bisa memasukkan berbagai tanda serta simbol di dalamnya dan kita bisa melihatnya secara langsung melalui layar kecil tersebut.

Sama seperti kalkulator tadi, komputer dan laptop pun demikian. Dengan memasukkan berbagai perintah dari keyboard atau mouse, kita bisa langsung melihat prosesnya. Proses ini kita lihat melalui monitor yang ada pada komputer maupun layar laptop.

Komputer sebenarnya hanya berisi sekumpulan angka dan sangat tidak nyaman untuk melihat angka tersebut. Oleh karena itu, muncullah yang namanya UI atau User Interface sebagai tampilan suatu perangkat.

UI dari Windows berupa tampilan icon, pengaturan sistem, dan hal lain yang bisa dilihat oleh mata kepala manusia. Selain itu, UI Windows juga berfungsi sebagai jembatan antara proses yang ada di dalam komputer serta manusia sebagai pengguna.

Tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti menjadi kewajiban bagi setiap perangkat digital saat ini. Termasuk komputer dan laptop dengan OS Windows yang ada di sekitar kalian.

Cara Mengganti Tema Pada Windows 10

Cara Mengganti Tema Pada Windows 10

Tahukah kalian kalau tampilan dari Windows 10 kalian bisa diganti dengan berbagai desain lainnya? Kalian bisa mengganti tema Windows 10 dengan tema lain, bahkan kalian bisa merasakan tema seperti Mac OS. Caranya pun cukup mudah dan bisa kalian lakukan dengan mudah. Kalian bisa mengikuti langkah – langkah di bawah ini untuk mengganti tema Windows 10:

  1. Di Desktop, klik kanan pada area kosong lalu pilih menu “Personalise” atau “Personalisasi”
  2. Di bagian kiri, kalian bisa memilih beberapa menu, silakan pilih menu “Themes” atau “Tema”
  3. Di bagian sebelah kanan, klik menu “Get More Themes in Microsoft Store” berupa tulisan berwarna biru
  4. Pada halaman Microsoft Store, terdapat banyak pilihan tema gratis. Kalian bisa memilih tema sesuai keinginan
  5. Klik “Get” untuk mendownload
  6. Klik “Install”
  7. Setelah download dan install selesai, silakan kembali ke pengaturan tema
  8. Untuk mengganti tema, kalian bisa langsung klik pada tema yang ingin kalian pasang
Baca juga:   Top Up ShopeePay

Biasanya, setelah memasang tema baru, akan terdapat perubahan pada beberapa bagian tampilan Windows. Contohnya adalah wallpaper Desktop, border Window, serta perubahan warna title bar. Icon dari File Explorer dan folder juga akan ikut berubah sesuai dengan tema yang kalian pilih.

Tema Custom Pada Windows 10

Tema Custom Pada Windows 10

Salah satu hambatan dalam mengganti tema pada Windows 10 adalah tidak adanya tema yang cocok dengan keinginan kita. Hal ini wajar terjadi karena perbedaan selera pengguna dengan pembuat tema terkadang cukup drastis.

Bagaimana jika kita ingin mengganti tema namun tema di Microsoft Store tidak ada yang cocok? Solusinya adalah menggunakan tema custom pada Windows 10.

Tema custom Windows 10 adalah tema yang dibuat oleh pengguna lain dan biasanya tersebar di internet. Biasanya tema custom ini gratis dan bisa kalian gunakan dengan mudah.

Bahkan ada beberapa tema yang bisa kita kustomisasi sendiri dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Kalian bisa mendapatkan tema yang paling sesuai dengan diri kalian sendiri. Bahkan tampilan Windows 10 kalian bisa berubah menjadi seperti tampilan Android dan Mac OS.

Namun, sebelum memasang tema custom, kalian perlu memperhatikan spesifikasi laptop atau komputer kalian terlebih dahulu. Pemasangan tema custom bisa mengakibatkan laptop atau komputer kalian menjadi lemot. Hal ini disebabkan penggunaan tema custom juga memakai kinerja CPU yang lebih tinggi dari tema default.

Cara Mengganti Tema Custom Pada Windows 10

Cara Mengganti Tema Custom Pada Windows 10

Tema custom pada Windows 10 mengharuskan pengguna untuk menginstall UxStyle. Aplikasi digunakan sebagai patcher atau penyesuaian agar tema custom yang kalian download bisa kita pasang pada Windows 10. Untuk menggunakan tema custom pada Windows 10, silakan ikuti langkah – langkah di bawah ini:

  1. Sebelumnya, install UxStyle terlebih dahulu
  2. Restart komputer atau laptop
  3. Carilah tema Windows 10 yang menurut kalian paling menarik dan sesuai dengan selera kalian, bisa melalui situs deviantart dan lain – lain
  4. Download tema custom tersebut
  5. Ekstrak file tema custom yang sudah kalian download tadi
  6. Jangan lupa untuk mengecek apakah tema tersebut cocok dengan versi Windows kalian, silakan cek versi Windows dengan cara berikut:
  • Tekan tombol Windows + R, ketik “winver” pada kolom serta klik OK
  1. Setelah file tema custom tersebut cocok dengan versi Windows kalian, salin file yang sudah diekstrak ke folder: “C;\windows\Resources\Themes”
  2. Jangan lupa untuk memastikan file dengan ekstensi theme sudah diletakkan di root folder yang tepat
Baca juga:   Cara Mengetahui ID ShopeePay

Untuk mengaktifkan tema custom tersebut, kalian bisa menggunakan cara yang sama seperti mengaktifkan tema dari Microsoft Store. Atau kalian bisa mengikuti langkah – langkah berikut untuk mengganti tema default ke tema custom: Masuk ke menu Personalise/personalisasi

  1. Klik “Theme” atau “Tema”
  2. Pastikan kalian sudah mengikuti langkah – langkah memasang tema custom dengan tepat agar tema custom tersebut muncul di menu “Tema” ini
  3. Pilih tema custom yang sudah kalian pasang tadi lalu klik tema custom tersebut untuk mengaktifkan

Cara Install Themepack di Windows 10

Cara Install Themepack di Windows 10

Pada sistem operasi Windows, terdapat fitur bernama Themepack. Fitur ini pertama kali muncul sejak versi Windows 7 dan selalu tersedia pada versi Windows selanjutnya.

Themepack berisi beberapa wallpaper dan warna window di dalamnya. Icon aplikasi lain serta sound scheme juga tersedia di dalam Themepack. Jadi di dalam satu Themepack ada beberapa item sekaligus dan bisa kalian pilih.

Untuk Windows 10, kalian harus mengakses Settings untuk menggunakan Themepack. Mengganti, instalasi, menghapus, serta membuat tema di Windows 10 harus melalui Settings lalu membuka jendela Personalization. Kalian bisa mengikuti langkah – langkah di bawah ini untuk menginstall Themepack pada Windows 10:

  1. Download tema yang sesuai dengan keinginan kalian melalui internet
  2. Jangan lupa untuk mencari tema yang cocok dengan versi Windows 10 kalian
  3. Setelah selesai download, klik dua kali (double click) file tema tersebut
  4. Kalian juga bisa klik kanan tema tersebut dan klik “Open” untuk menginstall dan mengganti ke tema tersebut

Rekomendasi Tema Untuk Windows 10

Rekomendasi Tema Untuk Windows 10

Kalian mungkin bingung dengan berbagai pilihan tema yang tersedia pada Microsoft Store atau Deviantart. Namun jangan khawatir, terdapat beberapa tema populer untuk digunakan pada OS Windows terutama Windows 10.

Berikut adalah beberapa tema terbaik yang bisa kalian pakai sebagai tema Windows 10 kalian:

  • Mac OS X El Capitan

Ingin punya tampilan yang mirip seperti Mac OS pada komputer atau laptop Windows 10 kalian? Tema Mac OS X El Capitan ini bisa memberikan tampilan segar pada Windows 10.

Baca juga:   Cara Menggabungkan Foto

Dengan tampilan yang mirip seperti Mac OS, kalian tetap bisa menjalankan berbagai aktifitas selayaknya Windows 10.

  • Aero Glass

Tampilan Windows yang transparan seperti Windows 7 digemari banyak pengguna di dunia. Ternyata saking terkenalnya banyak pengguna yang ingin menikmati tampilan yang sama seperti ini di Windows 10.

Muncullah tema Aero Glass dimana tampilan transparan seperti kaca bisa kalian gunakan sebagai tampilan utama di Windows 10. Terdapat efek seperti kaca yang membuat komputer atau laptop kalian semakin elegan.

  • Silk

Ingin tampilan Windows 10 yang lebih sederhana dari yang sekarang? Tema Silk bisa menjadi pilihan bagi kalian yang menginginkan kesederhanaan dibalut dengan warna hitam dan putih yang elegan.

Bahkan kalian bisa mengganti warna tema ini dengan warna lain sesuai dengan selera. Bisa dibilang, tema ini adalah tema paling sederhana yang juga terbaik dibanding pilihan tema lainnya.

  • Ubuntu Skinpack

Sistem operasi Ubuntu memiliki penggemarnya sendiri pada beberapa kalangan tertentu, terutama developer atau pembuat program. Tampilan Ubuntu yang khas pun menarik di mata sebagian orang.

Bagi kalian yang ingin merasakan tampilan Ubuntu atau Linux pada Windows 10 kalian, Ubuntu Skinpack adalah pilihan tepat. Wallpaper yang berupa gradasi warna dengan taskbar yang berada di samping menjadi ciri khas tersendiri.

  • Hover Dark Aero

Suka dengan tampilan yang cenderung “gelap” pada perangkat kalian namun ingin merasakan Aero Glass sekaligus? Hover Dark Aero adalah jawabannya. Tema ini memberikan kesan gelap dengan sentuhan kaca seperti Aero Glass.

Jadi, selain transparan, tampilan yang ada pada komputer maupun laptop kalian akan cenderung memiliki warna gelap. Icon dari aplikasi dan folder akan berwarna abu – abu muda, sesuai dengan tema Hover Dark Aero.

  • Vanilla

Jika sebelumnya adalah tema dengan nuansa yang “gelap”, sekarang saatnya tema dengan nuansa “putih dan bersih”. Tema Vanilla merupakan tema yang mengusung warna putih dan biru cerah seperti pemandangan langit. Untuk icon dan folder dan aplikasi, warna yang paling condong adalah warna putih.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara mengganti tema Windows 10 di komputer maupun laptop. Kalian bisa memilih tampilan yang paling sesuai dengan selera kalian.

Tidak perlu khawatir soal tema karena banyak sekali tema yang tersedia, terutama tema custom. Pemilihan tema yang baik bahkan mampu menaikkan mood dan menambah produktifitas kalian. Semoga artikel bappedaintanjaya.id ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!