Cara Mengganti Username di Shopee

Cara Mengganti Username di Shopee – Apakah kalian sudah bosan dengan menggunakan username akun sendiri yang ada di Shopee? Jika yah maka kalian harus membaca panduannya hingga selesai di artikel ini.

Cara mengganti username di Shopee biasanya dibutuhkan oleh para pedagang online yang berjualan di marketplace Shopee yang bosan dengan nama bisnisnya. Ada juga yang ingin mengubah username karena produk yang dijual juga sudah berubah.

Apapun alasannya, pastikan kamu sudah memahami cara-cara yang perlu dilakukan untuk mengganti username. Username dan nama toko merupakan hal yang paling penting untuk para pedagang yang ingin berjualan di Shopee. Karena nama ini adalah branding utama untuk promosi.

Tidak perlu menghapus akun Shopee milikmu lalu membangun toko online dari awal. Ada fitur yang Shopee sediakan bagi para pedagang online agar bisa mengubah username atau nama toko dengan mudah dan cepat. Bagaimana caranya?

Cara Mengubah Username Shopee

Ada beberapa cara yang tersedia untuk memudahkan pengguna marketplace ini mengganti username atau nama toko online. Cara-cara yang tersedia bisa kamu temukan di bawah ini. Tinggal ikuti saja yang paling mudah dan nama tokomu akan berganti sesuai dengan yang kamu inginkan.

1. Cara mengganti username di Shopee langsung via aplikasi

Cara yang pertama ini bisa kamu lakukan melalui aplikasi Shopee yang kamu miliki. Cara ini bisa dilakukan di perangkat seluler, baik yang mempunyai sistem operasi iOS maupun yang dilengkapi dengan sistem operasi Android. Langkah-langkah yang harus diikuti adalah:

  • Jalankan app Shopee yang terpasang di perangkat seluler milikmu, baik di smartphone Android maupun di perangkat iPhone.
  • Tap di bagian Saya, letaknya ada di sebelah kanan bawah jendela aplikasi Shopee. Bagian ini memberikan berbagai informasi mengenai profil Shopee yang bisa kamu ubah dan edit sesuai dengan kebutuhan. Tips Ganti Username di Shopee
  • Untuk mengubah username Shopee, scroll sampai ke bagian bawah lalu tap pilihan Pengaturan Akun. Fokus pada bagian Akun Saya lalu tap pada menu Profil Saya. Bagian ini akan memuat namamu, username, profil, jenis kelamin, dan informasi pribadi lainnya.
  • Selanjutnya tap pada menu Username yang memunculkan sebuah kolom berisi username yang kamu gunakan saat ini. Untuk mengubahnya, tinggal hapus saja username tersebut dan ketikkan username yang baru. Mengubah Username Shopee
  • Setelah selesai mengetikkan username baru, lakukan pengecekan untuk memastikan username sudah sesuai dengan yang kamu inginkan. Pastikan juga tidak ada kesalahan pengetikan.
  • Kalau sudah mantap dengan username yang kamu pilih, tap pada tombol Simpan di bagian kanan atas jendela pengaturan ini.
Baca juga:   Cara Pinjam Uang di Shopee

Cara ini adalah yang paling gampang dan praktis karena bisa dilakukan langsung di smartphone yang kamu pakai untuk mengoperasikan aplikasi Shopee. Tapi masih ada cara lain yang bisa kamu ikuti untuk mengubah username di marketplace Shopee.

2. Cara mengganti username di Shopee melalui Seller Center

Cara lain untuk mengubah nama pengguna atau username adalah melalui Seller Center yang memang dirancang untuk para pedagang yang membuka kios atau toko online di Shopee.

  • Langkah pertama adalah membuka Seller Center. Setelah Seller Center terbuka, kamu perlu Sign In terlebih dahulu untuk bisa membuka berbagai pengaturan yang tersedia khusus untuk para pedagang online.
  • Berikutnya, buka menu Akun yang tersedia dan ketikkan kata sandi agar akun Shopee milikmu bisa diakses. Klik pada pilihan Ubah yang ada di menu Profil untuk bisa mengganti username Shopee milikmu. Edit Username Profil Shopee
  • Ketikkan username yang baru yang sudah kamu persiapkan. Kalau username tersebut bisa digunakan, akan muncul Pop Up. Kalau tidak muncul pop up, kamu perlu memilih username lain yang belum pernah digunakan oleh pengguna Shopee lainnya.
  • Selanjutnya klik tombol Simpan. Kamu harus melakukan proses Login lagi untuk bisa melihat perubahan username yang sudah dilakukan. kalau sudah berhasil login menggunakan username yang baru, artinya username Shopee yang baru sudah siap untuk digunakan.

Cara yang kedua ini sama mudahnya dengan cara pertama. Apalagi Seller Center memang dirancang untuk memudahkan para pedagang online untuk menerapkan berbagai pengaturan terhadap toko online yang dijalankannya. Gunakan Seller Center sesuai dengan kebutuhan.

Syarat Penting Sebelum Menerapkan Cara Mengganti Username di Shopee

Sebelum kamu mengubah username yang kamu pakai untuk berjualan di marketplace Shopee, kamu perlu mengetahui beberapa persyaratan serta ketentuan yang ditetapkan oleh Shopee terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa mempersiapkan username sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

  • Nama untuk toko online yang kamu buat di marketplace Shopee harus terdiri dari paling sedikit 5 karakter dan paling banyak 30 karakter.
  • Perubahan nama toko online di marketplace Shopee hanya boleh dilakukan satu kali saja dalam rentang waktu 30 hari. Kalau kamu ingin mengubah nama toko di Shopee lagi sebelum 30 hari, kamu perlu menelepon Customer Service Shopee untuk mengubah nama toko.
  • Nama toko online kamu yang baru akan ditinjau dulu oleh Customer Service Shopee selama maksimal 2×24 jam. Kamu perlu menunggu sampai Customer Service selesai melakukan proses peninjauan.
  • Hindari menggunakan nama toko yang sensitif atau yang terdengar rasis.
Baca juga:   Cara Edit Twibbon dari Google Drive

Kalau kamu sudah memahami beberapa ketentuan dan syarat yang ditentukan oleh pihak Shopee tersebut, kamu bisa memilih salah satu cara yang disebutkan sebelumnya untuk mengubah username milikmu di akun Shopee.

Dengan begitu usernamemu akan terlihat lebih sesuai dengan berbagai produk yang kamu jual. Tapi pastikan kamu sudah memilih username dan nama toko dengan matang, karena kalau terjadi kesalahan pengetikan atau kamu ingin menggantinya lagi, kamu harus menunggu selama 30 hari.

Pilih salah satu cara mengganti username di Shopee yang paling mudah dan nyaman untuk kamu gunakan. Ubah username sesuai keinginan menggunakan fitur ganti nama yang sudah tersedia. Terimakasih sudah membaca ulasan Bappedaintanjaya.id, semoga bermanfaat buat para pengguna Shopee.