Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Cara Menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi – Mengutip dari pernyataan pemerintah pusat bahwa penetapan Aplikasi Peduli Lindungi merupakan salah satu syarat utama untuk melakukan perjalanan jauh.

Dan akan di pergunakan untuk semua lapiasn masyarakat di seluruh indonesia, baik itu di bagian pusat maupun daerah masing-masing. Ketika bepergian jauh baik dengan moda transportasi darat, laut, maupun juga udara. Di masa-masa saat sekarang ini, yang memang sedang berlangsungnya pandemi covid 19.

Selaku wakil dari pemerintah pusat melalu sub kementrian Perhubungan (Menhub) dengan Bapak Karya Sumadi memberikan siaran pers singkat, bahwasannya dengan menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi akan segera di terapkan untuk semua wilayah-wilayah yang ada di negara kesatuan republik indonesia dengan segera tanpa terkecuali Entah itu ASN maupun juga Masyarakat Sipil.

Buat kamu yang masih belum juga mengetahui, Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi bisa dengan memperhatikan pada pembakasan kali ini. Sebab kami akan membahasnya sampai selesai agar kalian semua bisa mempergunakannya sebagai mana mestinya. Sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing di tiap-tiap daerah setempat.

Cara Buat Akun PeduliLindungi

Untuk bisa mendapatkan dan juga memperoleh Aplikasi PeduliLindingi sangat gampang sekali, jika kalian masih belum mengetahuinya dapat mengikuti beberapa langkah singkat dari kami disini. Supaya kamu dapat segera memilikinya dengan begitu cepat dan praktis.

Berikut ini adalah Cara Buat Akun PeduliLindungi :

  1. Cara yang pertama kalian kunjungi ke Play Store, kemudian cari pada kolom pencarian dan ketik Aplikasi PeduliLindungi dan searching hingga ketemu.
  2. Jika kalian sudah bisa menemukannya segera saja langsung kamu Install hingga beres, kemudian kamu berikan akses “Uknown Source” untuk bagian Penyimpanan dan juga Kamera.
  3. Kemudian kalian isikan pada bagian kolom-kolom kosong, untuk membuat Akun PeduliLindungi diantaranya yaitu kolom Nama Asli Kamu, Nomor Ponsel aktif kalian, dan berikut Nomor KTP dan juga NIK Asli.
Baca juga:   Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Bila kalian memang sudah mempunyai Akun yang sudah aktif, kamu hanya perlu melakukan aktifitas Login saja dengan menggunakan Nomor Ponsel ketika pertama kali sudah mendaftarkan diri. Kemudian kamu memasukkan Kode OTP untuk melakukan Verifikasi Akun PeduliLindungi. Sedangkan kode OTP tersebut akan dikirimkan melalu pesan pendek (SMS) pada ponsel kalian masing-masing.

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi Untuk Syarat Perjalanan

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi Untuk Syarat Perjalanan

Apabila kalian yang sudah memiliki Akun PeduliLindungi, hanya saja masih mengalami kebingungan tentang Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi tersebut. Maka Kamu pergunakan saja dengan beberapa tips mudah dibawah berikut ini.

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi :

  1. Untuk kamu yang sudah mempunyai Akun, tinggal Login menggunakan Nomor Ponsel yang masih aktif.
  2. Kemudian kamu memasukkan Kode OTP sebagai syarat untuk Verifikasi.
  3. Sesudah kalian bisa berhasil masuk pada Akun PeduliLindungi, disitu kalian akan disediakan beberapa Menu didalamnya.
  4. Menu didalamnya telah tersedia Pendaftaran Vaksin, Scan QR Code, Teledokter, Info Penting, Diary perjalanan, dan juga Paspor Digital.
  5. Nah untuk bisa mempergunakan Aplikasi PeduliLindungi, maka kalian tekan di bagian Tombol Paspor Digital sebagai syarat untuk bisa menempuh perjalanan jauh.
  6. Nantinya disitu akan muncul keluar, berupa Sertifikasi Vaksin dan berikut Hasil Test Covid 19.
  7. Selanjutnya kalian Klik Sub-menu Sertifikat Vaksin sebagai tanda bukti bahwa kalian sendiru sudah di vaksinasi penangkal virus Covid 19.

Cara Scan Barcode di Aplikasi PeduliLindungi

Buat kamu yang masih tergolong anak baru, dalam mengenali Aplikasi PeduliLindungi dan masih belum mengetahui persis Melakukan Scan Barcode di Aplikasi PeduliLindungi. Simak saja dengan cara termudah dari kami di bawah sini.

Cara Scan Barcode di Aplikasi PeduliLindungi :

  1. Pertama kalian membuka terlebih dahulu pada Aplikasi PeduliLindungi, dan kemudian melakukan Login masuk Akun kalian.
  2. Klik di bagian Menu Scan QR Code, selanjutnya kamu Scan QR Code kepada si petugas penjaga supaya bisa di ketahui bukti tertulisnya.
  3. Kemudian pada hasil pemindaian akan dikeluarkan “apakah kalian bisa masuk pada daerah lain ataukah tidak”.
  4. Untuk tanda berwarna Hijau maka kamu bisa di perbolehkan, jika berwarna kuning petugas disitu akan melakukan pengulangan verifkasi kepada Akun PeduliLindungi milik Kalian. Dan apabila berwarna Merah, itu tandanya diri kamu tidak bisa mendapatkan Izin bepergian ke luar daerah setempat.
  5. Selesai deh prosesnya.
Baca juga:   Cara Daftar Akun Shopee Sebagai Penjual atau Pembeli

Akhir kata

Itulah tadi sedikit penjelasan yang bisa kita sampaikan, mengenai Cara Menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi. Mudah-mudahan bisa memberikan sebuah informasi yang sangat bermanfaat buat kalian semua para warga +62.

Kami akhiri dulu pada pertemuan kali ini, sampai berjumpa lagi di kemudian hari hanya di bappedaintanjaya.id. Jangan lupa buat kalian semua untuk tetap menjaga kesehatan. Patuhi semua Protokoler kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah.