Cara Pinjam Uang di Shopee

Cara Pinjam Uang di Shopee – Ingin belanja di shopee tapi tidak mempunyai uang buat bayarnya? Tenang, aplikasi shopee menyediakan layanan buat para pengguna yaitu fitur pinjam uang. Nah, bagi kamu yang belum tahu simak disini bagaimana cara meminjam uangnya.

Saat ini, Shopee semakin mengembangkan aplikasinya. Selain Shopee Food, marketplace yang satu ini juga menyediakan menu baru yaitu Shopee Pay Later dan Shopee Pinjam. Banyak yang ingin tahu bagaimana cara pinjam uang di Shopee menggunakan fitur baru yang tersedia tersebut.

SPayLater dan SPinjam adalah dua fitur Shopee yang tampaknya mirip tapi sebenarnya jauh berbeda. SPayLater hanya bisa kamu gunakan untuk membeli berbagai macam barang di Shopee. Istilahnya adalah kredit barang dengan bantuan Shopee. Tapi SPinjam adalah fitur yang berbeda.

SPinjam memungkinkan para pengguna Shopee untuk mencairkan dana ke rekening mereka. Dana yang dipinjamkan oleh Shopee ini bisa kamu gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, tidak terbatas pada belanja online di marketplace Shopee saja.

Cara Pinjam Uang di Shopee SPinjam

Buat kalian yang ingin meminjam uang di aplikasi shopee tapi belum tahu bagaimana langkah-langkahnya simak ulasan berikut ini.

1. Cara Mengaktifkan Layanan SPinjam dari Shopee

Sebelum mempelajari cara pinjam uang di Shopee, kamu perlu mengetahui cara melakukan aktivasi layanan SPinjam di aplikasi Shopee. Setelah proses aktivasi, kamu bisa menggunakan layanan tersebut untuk mengajukan permohonan pinjaman di Shopee. Begini proses aktivasinya:

  • Jalankan aplikasi Shopee yang terpasang di perangkat seluler milikmu. Buka menu Saya di bagian kanan bawah yang akan menampilkan berbagai informasi dan pilihan pengaturan profil. Cara Mengaktifkan Layanan SPinjam dari Shopee
  • Tap pada menu SPinjam, di bagian bawah menu SPayLater. Tap di tombol Aktifkan Sekarang untuk memulai proses aktivasi layanan pinjaman dari Shopee.
  • Kalau kamu belum mengisikan nomor HP di Shopee, masukkan nomor HP di kolom yang tersedia. lalu tap tombol Lanjutdi bagian bawah kolom tersebut. Lakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang Shopee kirimkan ke nomor HP tersebut. Tap tombol Lanjut.
  • Kamu wajib memasukkan 2 nomor darurat beserta nama pemilik nomor tersebut dan status hubunganmu dengan orang tersebut. Setelah mengisi semua data, tap pada tombol Kirim.
  • Lakukan proses verifikasi wajah sesuai dengan petunjuk yang Shopee berikan. Kalau proses verifikasi telah berhasil diterima oleh Shopee, layanan SPinjam akan terbuka dan bisa kamu gunakan.
Baca juga:   Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Sekarang kamu perlu mencari tahu bagaimana cara pinjam uang di Shopee. Ikuti proses di bawah untuk menggunakan layanan SPinjam di aplikasi Shopee.

2. Cara Menggunakan Fitur SPinjam di Shopee

Beberapa pengguna Shopee belum menemukan fitur ini di aplikasi mereka. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini. Misalnya, pengguna tersebut belum pernah menggunakan fitur SPayLater. Atau pengguna tersebut mempunyai riwayat keterlambatan dalam pembayaran tagihan SPayLater.

Bagaimana kamu bisa menggunakan fitur SPinjam yang Shopee sediakan? Ikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

  • Jalankan aplikasi Shopee di perangkat seluler yang kamu miliki, baik di perangkat Android maupun di iPhone. Setelah jendela Shopee terbuka, tap pada menu Saya yang berada di bagian kanan bawah layar.
  • Fitur SPinjam ada di bagian bawah fitur SPayLater. Kalau fitur ini sudah tersedia di profilmu, tap pada fitur SPinjam. Kemudian tap pada tombol Ajukan untuk mengajukan permohonan pinjaman pada Shopee. Cara Menggunakan Fitur SPinjam di Shopee
  • Kamu bisa memilih jumlah nominal yang akan dipinjam dan durasi pinjaman, sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Hindari memilih nominal maksimal atau diluar kesanggupanmu. Pastikan kamu menggunakan dana yang dipinjam dari SPinjam dengan bijaksana. Cara Meminjam Uang di Aplikasi Shopee
  • Kemudian pilih salah satu rekening bank yang sudah kamu masukkan ke akun Shopee. Atau kamu juga bisa menambahkan rekening bank yang baru. Rekening itu akan digunakan oleh Shopee untuk mengirimkan dana yang kamu pinjam tadi.
  • Setelah memilih rekening bank atau menambahkan rekening bank yang baru tap pada tombol Konfirmasi. Selanjutnya, tap pada tombol Ajukan Sekarang. Kamu harus memasukkan PIN ShopeePay untuk memastikan bahwa pemilik akun lah yang mengajukan pinjaman tersebut.

Setelah kamu mengikuti semua cara pinjam uang di Shopee di atas, kamu hanya perlu menunggu Shopee meninjau pengajuan yang kamu berikan. Kalau Shopee menyetujui permohonan pinjaman yang kamu ajukan, sebuah notifikasi akan dikirimkan.

Baca juga:   Cara Bayar di Indomaret Pakai ShopeePay

Notifikasi tersebut akan memberitahu bahwa permohonan pengajuan SPinjam sudah disetujui dan pencairan uang akan ditransfer langsung ke nomor rekening yang tadi sudah kamu pilih. Kamu juga akan bisa melihat tenggat waktu pembayaran yang ditentukan oleh Shopee.

3. Syarat untuk Mengaktifkan Fitur SPinjam di Aplikasi Shopee

Syarat untuk Mengaktifkan Fitur SPinjam di Aplikasi ShopeeSyarat untuk Mengaktifkan Fitur SPinjam di Aplikasi Shopee

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pengguna Shopee yang ingin mengaktifkan dan memanfaatkan fitur atau layanan SPinjam ini. Berikut ini beberapa persyaratan yang sebaiknya kamu penuhi terlebih dahulu agar bisa mengikuti cara pinjam uang di Shopee di atas.

  • Mempersiapkan KTP yang asli dan masih berlaku. Pastikan semua data di KTP, baik tulisan maupun foto terlihat dengan jelas sehingga akan mempermudah proses verifikasi akun. Akun yang sudah diverifikasi bisa lebih mudah divalidasi oleh Shopee.
  • Melakukan proses verifikasi wajah sesuai dengan KTP. Pastikan pencahayaan memadai dan wajah terlihat jelas saat melakukan proses verifikasi. Ulangi proses jika verifikasi gagal dilakukan. Kamu bisa mencoba lagi di tempat yang lebih terang.
  • Memasukkan data rekening bank milikmu sendiri dengan nama di rekening sesuai dengan nama yang ada di KTP. Persamaan data akan mempermudah Shopee untuk melakukan verifikasi dan validasi data.
  • Mempersiapkan kontak darurat yang aktif dan bisa dihubungi oleh Shopee. Kontak darurat bisa menggunakan nomor suami/istri atau keluarga terdekat.
  • Menggunakan aplikasi Shopee yang paling update atau terbaru. Unduh app Shopee hanya dari App Store atau Play Store. Hindari menggunakan aplikasi berbentuk APK yang tidak berasal dari Play Store karena selain berbahaya juga bisa menghambat proses pengajuan SPinjam.

Kalau sebelumnya kamu sudah pernah menggunakan fitur Shopee yang lain yaitu SPayLater, pastikan kamu mempunyai rekam jejak yang bagus. Keterlambatan dalam pembayaran tagihan SPayLater bisa jadi menghalangi kamu untuk mengakses fitur SPinjam. Selalu lunasi tagihan SPayLater tepat waktu.

Baca juga:   Cara Mengetahui ID ShopeePay

Dengan begitu, Shopee akan melihat bahwa kamu adalah pengguna yang tidak melalaikan tanggung jawab. Proses validasi data pun bisa berlangsung lebih cepat sehingga kamu bisa mulai mengikuti cara pinjam uang di Shopee seperti yang disebutkan sebelumnya.

Silahkan pantau web www.bappedaintanjaya.id untuk mendapatkan informasi seputar penggunaan aplikasi shopee dan lainnya. Semoga bermanfaat yah.