Cara Cek Nomor Smartfren

Cara Cek Nomor Smartfren – Setiap perangkat smartphone tentunya membutuhkan layanan operator seluler untuk dapat terhubung dengan pengguna lain. Layanan operator yang dibutuhkan pun beragam seperti sms, panggilan telepon, hingga layanan koneksi internet.

Pengguna harus memiliki sebuah kartu sim card atau kartu perdana untuk dapat menikmati layanan yang disediakan oleh operator jaringan. Kartu perdana atau sim card ini merupakan sebuah kartu kecil yang harus dipasang pada perangkat smartphone agar dapat terhubung pada layanan yang tersedia.

Selain itu, kartu sim card ini juga menyimpan informasi berupa identitas pengguna seperti nomor, jenis jaringan yang dipakai, jumlah saldo, jumlah kuota, lokasi daerah, dan sebagainya.

Jaringan seluler yang dimiliki juga berbeda – beda yakni seperti GPRS, EDGE, HSPA/HSDPA, 3G, 4G, dan 5G. Saat ini masyarakat Indonesia rata – rata menggunakan jaringan 3G dan 4G, sedangkan 5G masih dalam perkembangan.

Di Indonesia hanya tia operator jaringan seluler yang sudah memiliki koneksi jaringan 5G yakni operator Telkomsel, Three, dan Smartfren. Namun, penggunaan 5G masih sedikit di Indonesia bahkan penggunaan 4G saja masih belum merata di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, Indonesia masih butuh waktu untuk melakukan penyesuaian terhadap perubahan teknologi yang ada.

Operator Seluler di Indonesia

Operator Seluler di Indonesia

Operator jaringan seluler merupakan sebuah perusahaan dimana perusahaan tersebut menyediakan jaringan seluler kepada para pengguna agar dapat saling terhubung dengan pengguna seluler lainnya.

Layanan jaringan seluler yang didapatkan pun beragam, seperti sms, telepon, dan koneksi internet. Di Indonesia saat ini sudah memiliki banyak operator seluler yang berkembang.

Setiap operator seluler pun memiliki jenis layanan sendiri dimana setiap operator berlomba – lomba memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia. Pengguna dapat memilih operator sesuai dengan layanan yang dibutuhkan.

Berikut ini merupakan beberapa jenis operator yang ada di Indonesia

  1. Telkomsel

Telkomsel adalah sebuah perusahaan operator seluler yang hadir dengan nama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Telkomsel sudah berdiri sejak tahun 1995 dan kini telah memiliki beberapa layanan produk yang dapat dinikmati seperti kartu Halo, simPATI, kartu As Flexi, kartu As, kartu Halo Flexi, Kartu Facebook, Telkomsel Flash, Telkomsel Loop, serta byU.

  1. Three

Three adalah sebuah perusahaan operator seluler yang memiliki nama perusahaan PT Hutchison 3 Indonesia (Three). Three sudah berdiri sejak tahun 2002 dan lahir dengan nama Hutchison Whampoa.

Baca juga:   Cek Kuota Smartfren

Kini jaringan Three ini sudah tersedia di Britania Raya, Australia, Hongkong, Indonesia, Denmark, Austria, Swedia, Italia, serta Irlandia.

  1. Indosat Ooredoo

Indosat Ooredo adalah sebuah operator seluler yang memiliki nama perusahaan PT Indosat Tbk (ISAT) dan perusahaan ini lahir dengan nama yang berbeda yakni Indosat pada tahun 1996.

Kini perusahaan ini telah memiliki beberapa layanan produk seperti IM3 Ooredoo, matrix Ooredoo, serta GIG. Perusahaan ini bahkan telah memiliki anak perusahaan yakni IndosatM2 dan Lintasarta.

  1. XL Axiata

XL Axiata adalah sebuah operator seluler yang memiliki nama perusahaan PT XL Axiata Tbk (EXCL). Perusahaan XL Axiata ini lahir dengan nama PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) dan berdiri pada tahun 1989.

Perusahaan layanan operator ini kini memiliki empat layanan produk yang dapat dinikmati pengguna yakni AXIS, XL Prabayar, Live On, serta XL Prioritas Pascabayar. Operator AXIS kini telah menjadi bagian dari XL Axiata sejak diakuisisi oleh XL Axiata.

  1. Smartfren

Smartfren adalah sebuah operator seluler yang memiliki nama perusahaan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN). Smartfren ini adalah sebuah operator jaringan seluler yang menyediakan layanan dengan basis teknologi 4G LTE Advanced.

Untuk yang belum mengetahui 4G LTE Advanced adalah teknologi lanjutan dari teknologi 4G. Smartfren lahir pada tahun 2002 dengan nama yang berbeda yakni PT Mobile-8 Telecom Tbk.

Kini Smartfren telah memiliki beberapa layanan produk yang dapat dinikmati oleh pengguna yakni seperti Kuota Unlimited, Kuota Nonstop, Super 4G Kuota, 1ON Plus, Now and Now+, Bali United, BOSKU, Erafone, serta Tourist Pack.

Selain itu, pihak Smartfren juga mengeluarkan beberapa voucher seperti Voucher Unlimited, Voucher Super 4G Kuota, Voucher Data Smartfren, Voucher Data Kuota Nonstop, dan sebagainya.

Bahkan Smartfren masih memiliki beberapa layanan lainnya yang dapat dinikmati pengguna seperti Paket Prabayar/Pascabayar Internet, Modem Wi-Fi, eSIM, PowerUp, Paket Prabayar/Pascabayar Bicara, Router WiBox, dan sebagainya.

Apakah Penting Melakukan Cek Nomor?

Apakah Penting Melakukan Cek Nomor

Lalu untuk para pengguna smartphone dengan layanan operator Smartfren, apakah penting melakukan pengecekan nomor Smartfren? Tentu saja penting. Pengecekan nomor Smartfren penting untuk dilakukan, untuk itu pengguna harus tahu bagaimana cara cek nomor Smartfren.

Sebagai pengguna Smartfren tentunya pengguna harus tau nomor kartu perdana yang sedang digunakan saat ini untuk berbagai keperluan yang dibutuhkan nantinya. Misalnya seperti melakukan pembelian pulsa, melakukan pembelian kuota internet, sebagai identitas nomor yang dapat dihubungi, dan sebagainya.

Smartfren adalah salah satu provider di Indonesia yang sudah banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia. Banyak sekali inovasi yang telah dilakukan oleh Smartfren dimana pada tahun 2015 Smartfren telah mengeluarkan layanan 4G LTE Advanced.

Baca juga:   Apakah Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Telegram

Dengan adanya hal ini membuat Smartfren menjadi lebih dikenal oleh banyal pengguna di seluruh Indonesia. Provider CDMA ini bahkan memiliki layanan jaringan internet 4G dengan cakupan yang luas hingga 1.5000 BTS 4G dan telah tersebar di Indonesia hingga 200 kota.

Hingga kini, Smartfren terus melakukan upaya untuk memberikan yang terbaik kepada para pengguna dengan menyediakan berbagai layanan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Selain memiliki layanan jaringan yang sangat modern, Smartfren juga menyediakan beberapa layanan untuk melakukan pengecekan nomor telepon yang dapat digunakan oleh pengguna.

Bagaimana Cara Mengecek Nomor Smartfren?

Cara Mengecek Nomor Smartfren

Untuk para pengguna Smartfren tentunya tahu bahwa provider yang satu ini tengah naik daun karena memiliki layanan jaringan internet dengan jangkauan yang luas, cepat, dan stabil di Indonesia.

Tidak heran banyak pengguna yang memilih operator Smartfren ini sebagai provider pilihan untuk melakukan komunikasi sehari – hari. Smartfren memiliki layanan kartu perdana seperti provider lainnya dimana kartu perdana yang dimiliki terdiri dari 11 digit hingga 12 digit.

Setiap nomor kartu perdana memiliki nomor yang berbeda – beda dan terkadang beberapa pengguna kesulitan untuk menghafal nomor kartu perdana ini.

Terutama bagi para pengguna baru Smartfren karena nomor yang didapatkan adalah deretan nomor acak. Hal tersebut dapat diatasi dengan menyimpan bungkusan kartu perdana setelah membukanya atau menyimpannya pada smartphone.

Namun, para pengguna terkadang lupa menyimpan nomor sendiri dan bungkus kartu perdana telah hilang. Untuk itu pengguna perlu melakukan pengecekan nomor telepon yang dimiliki secara manual. Berikut terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan nomor kartu perdana.

Cara Cek Nomor Kartu Smartfren Menggunakan Dial Up

Cara Cek Nomor Kartu Smartfren Menggunakan Dial Up

Cara melakukan pengecekan nomor yang pertama dan paling mudah adalah dengan memanfaatkan fitur Dial Up. Pengguna dapat membuka icon Telepon pada smartphone untuk melakukan dial. Berikut merupakan langkah – langkahnya.

  • Buka aplikasi Dial Up atau Telepon pada smartphone
  • Kemudian ketik *995# pada dial kemudian tap Call atau Panggil.
  • Setelah itu halaman akan menampilkan menu Info. Pengguna dapat memilih opsi Info Kartu atau Info Nomor dan tap Call.
  • Jika sudah, layar akan menampilkan informasi nomor dari kartu Smartfren yang dimiliki.

Cara Cek Nomor Smartfren Lewat SMS

Cara Cek Nomor Smartfren Lewat SMS

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan SMS pada perangkat. Cara ini juga tergolong mudah seperti cara pertama tadi. Pengguna hanya perlu mengetik SMS ke operator Smartfren dengan isi format sms INFO dan kirim ke 995.

Setelah pesan terkirim, nantinya operator Smartfren akan memberi balasan berupa pesan dengan isi informasi nomor kartu perdana dan sebagainya. Layanan pengecekan nomor kartu melalui SMS ini bersifat gratis dan tidak dikenakan biaya apapun (bebas pulsa).

Cara Cek Nomor Smartfren Lewat Layanan Operator

Cara Cek Nomor Smartfren Lewat Layanan Operator

Smartfren tentunya selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para penggunanya, bahkan dalam hal layanan untuk pengecekan nomor Smartfren.

Baca juga:   Apakah Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Telegram

Cara selanjutnya yang dapat dicoba untuk melakukan pengecekan nomor Smartfren adalah dengan menggunakan layanan operator atau Customer Service (CS).

Untuk menghubungi pihak Customer Service, pengguna dapat melakukan panggilan melalui salah satu nomor berikut yakni 995 adan 500.

Customer Service nantinya akan membantu pengguna untuk melakukan pengecekan nomor Smartfren yang sedang digunakan. Customer Service Smartfren aktif selama 24 jam panggilan sehingga pengguna dapat bebas melakukan panggilan CS sesuai dengan kebutuhan.

Setelah mendapatkan nomor dari pihak CS jangan lupa untuk mencatatnya dan menyimpannya agar tidak bingung ketika sedang butuh identitas nomor.

Cara Cek Nomor Smartfren Unlimited Dengan Aplikasi MySmartfren

Cara Cek Nomor Smartfren Unlimited Dengan Aplikasi MySmartfren

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi MySmartfren. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi milik Smartfren dimana pengguna dapat memanfaatkan aplikasi untuk keperluan lainnya juga seperti melakukan pengecekan pulsa, pengecekan data kuota internet, pengecekan bonus, pembelian saldo pulsa, pembelian kuota internet, dan lain sebagainya.

Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna dapat menginstallnya melalui Google Play Store secara gratis. Berikut merupakan cara menggunakan aplikasi MySmartfren untuk mengecek nomor Smartfren.

  • Pertama, buka aplikasi MySmartfren dan daftar pada aplikasi dengan menekan tombol datar. Lalu isi seluruh kolom untuk melakukan pendaftaran.
  • Setelah itu tunggu hingga akun terverifikasi
  • Setelah pendaftaran berhasil, pengguna dapat langsung menggunakannya untuk menegcek nomor Smartfren.
  • Pengguna dapat melihat nomor Smartfren yang dimiliki pada halaman utama. Cara ini tentunya membutuhkan koneksi internet karena pengguna perlu mengakses informasi melalui aplikasi. Pengguna dapat melihat informasi nomor pada bagian atas.
  • Apliaksi ini membutuhkan koneksi internet sehingga pastikan bahwa koneksi internet yang digunakan stabil dan lancar.

Cara Cek Nomor Smartfren di WhatsApp

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Whatsapp. Pengguna dapat menggunakan aplikasi Whatsapp untuk melakukan pengecekan nomor jika akun Whatsapp pengguna menggunakan nomor Smartfren ini.

Tentunya cara ini hanya berlaku jika nomor Smartfren pengguna telah terdaftar pada Whatsapp. Untuk melakukan pengecekan melalui aplikasi Whatsapp berikut langkah – langkahnya.

  • Buka aplikasi WhatsApp yang menggunakan nomor Smartfren pada perangkat
  • Selnajutnya klik ikon titik tiga yang tertera pada pojok kanan atas layar.
  • Pilih opsi Setting atau Pengaturan. Halaman akan menampilkan informasi Whatsapp pengguna.
  • Selanjutnya klik pada opsi Profil, halaman akan langsung menampilkan informasi mengenai nomor Smartfren pada Whatsapp yang sedang digunakan.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara melakukan pengecekan nomor Smartfren pada perangkat yang sedang digunakan. Tentunya hal ini penting untuk diketahui mengingat pentingnya identitas nomor yang sedang digunakan.

Semoga informasi Bappedaintanjaya.id ini dapat memberi manfaat bagi banyak pengguna provider Smartfren. Selamat mencoba!