Mutualan di Instagram

Mutualan di Instagram – Apakah kalian belum mengetahui tentang arti dari kata mutualan? Jika ya kalian berada di tempat yang tepat, karena disini kami akan menjelaskan maksud dan bagaimana cara melakukannya.

Bagi yang bertanya apa sih sebenarnya arti mutualan di IG? Mutualan adalah bahasa gaul yang sering digunakan di media sosial, seperti Twitter, Facebook, Telegram dan Instagram. Kata mutualan sendiri terlebih dahulu digunakan oleh pengguna Twitter.

Setelah populer di Twitter, pengguna media sosial lain juga mulai menggunakan kata mutualan, termasuk pengguna Instagram. Bagi pengguna Instagram baru, tentu masih belum paham istilah gaul di Instagram, termasuk istilah mutualan.

Namun jangan khawatir, di bawah ini akan kami jelaskan panjang lebar mengenai arti dari mutualan di IG. Kami jelaskan juga bagaimana cara mutualan di Instagram yang baik dan benar, sehingga kamu bisa memaksimalkannya dengan baik.

Apa Arti Mutualan di Instagram?

Apa Arti Mutualan di Instagram

Jadi, apa sih arti dari mutualan di Instagram? Tentu kamu pernah mendengar simbiosis mutualisme ketika belajar biologi di sekolah. Nah, arti mutualan di IG kurang lebih sama, yaitu hubungan yang saling menguntungkan antar pengguna IG satu dengan pengguna IG lainnya.

Bagaimana maksudnya? Misalnya ada dua pengguna IG, mereka saling follow satu sama lain untuk mendapatkan keuntungan darinya. Yang paling jelas tentu saja dengan bertambahnya follower masing-masing serta like dan komentar di postingan yang mereka unggah.

Baca juga:   Filter IG Amandel

Mudahnya, mutualan bisa dimaknai dengan saling follow antar akun Instagram. Tentu saja, ini tidak efektif jika kamu hanya mengajak satu akun Instagram saja. Agar mutualan semakin optimal, kamu bisa mengajak banyak pengguna lain.

Dipastikan, hanya dalam waktu sekejap, followers IG milikmu akan bertambah. Kalian juga bisa saling mendukung satu sama lain, yaitu dengan memberikan like, komentar hingga repost pada postingan yang diunggah oleh mutualan.

Manfaat Melakukan Mutualan di IG

1. Followers Bertambah

Followers Bertambah

Salah satu hal yang menguntungkan dari mutualan di Instagram adalah bertambahnya folllowers di Instagram. Banyak tidaknya follower akun IG milikmu tergantung dari sebanyak apa orang yang kamu ajak mutualan.

Cara menambah followers Instagram dengan mutualan di juga lebih aman karena manual dan organik. Kenapa aman? Ya karena tidak menyalahi kebijakan Instagram sama sekali. Berbeda jika kamu beli followers, yang berisiko melanggar pedoman dan kebijakan Instagram yang berlaku.

Keuntungan mendapatkan followers organik sangat banyak. Karena mereka akun IG sungguhan, alias ada yang menggunakannya, maka mereka juga bisa memberikan tanggapan atas postingan IG yang kamu share.

2. Like dan Komentar Bertambah

Like dan Komentar Bertambah

Seiring dengan followers yang bertambah, like dan komentar yang masuk ke postingan IG yang kamu unggah juga ikut bertambah. Hal ini sangat wajar, karena misi dari mutualan adalah saling mendukung satu sama lain.

Misalnya saja kamu unggah foto di feed, mutualanmu tidak akan ragu-ragu meramaikan postingan tersebut, yaitu dengan memberikan like dan komentar. Begitu juga ketika mereka unggah foto dan video, kamu jangan lupa untuk memberikan feedback serupa.

3. Bisa Berteman dengan Lebih Banyak Pengguna

Bisa Berteman dengan Lebih Banyak Pengguna

Manfaat dari mutualan berikutnya adalah bertambahnya relasi dan kenalan, yang pastinya akan berguna di masa depan. Kamu bisa mengikuti teman dari mutualanmu, begitu juga dengan mereka. Hasilnya, followers milikmu dan mutualanmu akan bertambah pesat.

Baca juga:   Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Business

4. Menjangkau Lebih Banyak Orang

Menjangkau Lebih Banyak Orang

Ini berlaku jika kamu menggunakan Instagram untuk berjualan atau berbisnis. Dengan melakukan mutualan, kamu akan mendapatkan eksposur dan jangkauan yang lebih luas. Hasilnya, akan lebih banyak orang yang tahu dengan produk yang kamu jual.

Jika mereka tertarik, bukan tidak mungkin terjadi transaksi yang menguntungkan. Jadi jangan ragu untuk melakukan mutualan jika bisnismu masih kecil dan berkembang.

Bagaimana Cara Mutualan di Instagram?

Setelah tahu arti mutualan IG dan manfaatnya yang banyak, kamu juga harus tahu bagaimana cara mutualan di Instagram. Jangan khawatir, caranya mudah kok, kamu hanya harus buang jauh-jauh rasa gengsi dan tidak malu mengajak orang lain untuk mutualan.

1. Kirim DM ke Akun Instagram

Kirim DM ke Akun Instagram

Untuk kamu yang baru saja join Instagram dan ingin menambah followers secara organik, bisa melakukan mutualan. Bagaimana caranya? Pertama, kamu bisa langsung mengirim DM ke akun Instagram orang lain.

DM atau Direct Message adalah pesan pribadi yang bisa kamu kirimkan ke akun IG tersebut. Caranya mudah, kamu hanya harus follow akun IG tersebut terlebih dahulu. Jika sudah, kamu bisa kirim DM ke akun tersebut, yang isinya mengajak untuk melakukan mutualan.

Kurang lebih isi chatnya seperti ini, “Salam, saya sudah follow IG kakak, kalau tidak keberatan mohon untuk follow back ya. Terima kasih.”

Berikut tips mutualan langsung lewat Instagram :

  • Prioritaskan orang-orang yang kamu kenal di dunia nyata, seperti tetangga, teman sekolah, teman kuliah dan lain sebagainya.
  • Pilih akun IG yang followers-nya masih sedikit namun sangat aktif di Instagram.
  • Follow akun IG lawan jenis, jika kamu cowok, cari akun IG cewek, begitu pula sebaliknya.
  • Tidak perlu DM artis mengajak mutualan, karena tidak akan digubris.
Baca juga:   Kata-Kata Auto Reply WhatsApp

2. Mutualan Lewat Grup WhatsApp

Mutualan Lewat Grup WhatsApp

Kamu pasti tergabung di grup WhatsApp, tidak hanya satu, pasti sampai 3 hingga 5 grup. Mulai dari grup WhatsApp teman-teman SD, SMP, SMA, kuliah dan lain sebagainya. Nah, banyaknya grup WhatsApp tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mutualan.

Biasanya, orang yang tergabung di grup WhatsApp sudah saling kenal, jadi tidak akan sulit untuk mengajak mutualan di Instagram.

3. Mutualan Lewat Bio Instagram

Mutualan Lewat Bio Instagram

Kamu juga bisa memancing orang untuk mutualan denganmu melalui bio Instagram. Cukup tulis di bio Instagram bahwa kamu ingin mutualan dan saling follow IG. Bagi mereka yang sudah follow kamu, bisa mengirim DM. Selanjutnya kamu tinggal balik follow akun IG tersebut.

Arti mutualan di Instagram adalah saling follow, sehingga memberikan keuntungan kepada semua pihak. Keuntungannya bisa berupa bertambahnya follower, like, komentar, eksposur, jangkauan hingga relasi yang sangat berharga. Tunggu artikel selanjutnya hanya di Bappedaintanjaya.id yah, terimakasih.