100+ Contoh Soal Psikotes Kerja Gambar dan Jawabannya Lengkap

Contoh Soal Psikotes – Haiii, kali ini kita akan membahas tentang contoh soal psikotes. Jadi, Psikotes ini adalah salah satu tahapan yang wajib untuk melakukan seleksi pekerjaan yang memang kerap sekali di terapkan oleh sebuah perusahaan, baik sebuah perusahaan kecil maupun perusahaan yang sudah besar ataupun perusahaan yang masih di tahap merintis.

Psikotes ini adalah sebuah pertanyaan ataupun sebuah bentuk tes tertulis yang di lakukan secara visual maupun verbal yang harus di lakukan oleh seseorang professional (psikolog) karena itu merupakan sebuah kebutuhan dari klien (individu atau organisasi).

Di dalam hal ini tentunya untuk dapat menilai dari fungsi kognitif atau secara emosional dari seseorang tersebut dan juga memberikan sebuah gambaran yang menyeluruh tentang kepribadian.

Tentang Psikotes

Tentang Psikotes

Seperti yang sudah kita jelaskan di atas tadi bahwa psikotes itu tahapan yang sangat wajib untuk seleksi tentang pekerjaan. Di dalam psikotes sendiri juga memiliki sebuah fungsi untuk dapat mengetahui watak dari seseorang tersebut misalanya attitude, personality dan juga interest.

Hasil untuk sebuah tes psikotes ini yang telah di lakukan oleh semua karyawan yang nantinya akan terpilih bekerja di perusahaan itu, akan memiliki peran yang sangat besar untuk dapat menentukan apakah seorang karyawan tersebut cocok untuk dapat di pekerjakan di perusahaan tersebut atau tidak.

Untuk mengerjakan sebuah soal psikotes maka tidak akan terdapat istilah dari salah satu yang benar, namun hanya cocok ataupun tidaknya dari seorang karyawan tersebut untuk dapat bekerja di sebuah perusahaan ataupun posisi dan juga jabatan yang mereka sudah lamar sebelumnya.

Untuk setiap orang, tes psikotes ini memang di  anggap telah memiliki faktor ketidakpastian dan telah menunjukkan sebuah potensi secara logika dari kemampuan seseorang.

Karena di dalam kemampuan akademik seseorang akan tidak mampu untuk dapat menjamin bahwa seseorang itu bisa lulus di tes psikotes. Kalau secara umum di dalam tes psikologi memang telah di tujukan untuk dapat mengukur tentang aspek psikis dari seseorang bukan dari segi kemampuan akademiknya.

Walaupun kalian seorang fresh graduate di dalam Universitas yang sudah ternama pun bisa juga mereka akan mengalami sebuah kegagalan di saat mengi kuti tes psikotes.

Jadi, kalian harus memastikan untuk dapat mempelajari dan juga dapat memahami tentang soal psikotes dengan baik dan benar sebelum kalian memutuskan untuk dapat melamar sebuah pekerjaan di perusahaan.

Baca juga:   Ramalan Zodiak

Karena, dalam hal tersebut akan menjadi poin yang sangat penting dan tentunya nanti akan dapat memberikan kalian peluang yang sangat besar jika di terima di perusahaan tersebut. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Contoh Macam-Macam Soal Psikotes Yang Harus Kalian Ketahui

Contoh Macam-Macam Soal Psikotes Yang Harus Kalian Ketahui

Jika secara umum, memang terdapat 7 jenis dari soal psikotes yang harus kalian kerjakan nanti. Dari soal-soal tersebut memang membutuhkan sebuah konsentrasi yang sangat baik. Jadi dari setiap dari jenis soal psikotes yang nantinya akan di berikan waktu agar dapat menyelesaikan soal tersebut.

Untuk kalian agar persiapakan kalian lebih mantap dan mateng, alangkah baiknya jika kalian mencoba beberapa dari jenis soal psikotes untuk seleksi kerja, dan kalian juga harus cermati dalam menjawab soal psikotes.

Untuk kalian yang sudah sangat penasaran tentang contoh dari soal psikotes. Bisa ikuti penjelasan berikut ini.

  1. Tes Kemampuan Verbal

Tes Kemampuan Verbal

Contoh

BAHASA INGGRIS

  1. Your father’s brother is your….
    a. Uncle
    b. Aunt
    c. Cousin
    d. Nephew
  2. You lack vitamin C . You ness to eat……….
    a. Melon
    b. Orange
    c. Watermelon
    d. Avocados
  3. Most Indonesians like hot foods. They like……
    a. Spinach
    b. Beans
    c. Carrots
    d. Chillies

Untuk tes kemampuan verbal ini telah meliputi tentang persamaan kata (sinonim), lawan kata (antonym), dan juga analogi serta korelasi dari makna. Tes kemampuan ini akan mengetahui tentang menghadapi sebuah situasi tertentu.

Bukan hanya itu tes kemampuan verbal ini juga telah berfungsi untuk dapat menilai dari seberapa jauh kalian dapat menebak dan juga memahami dari sebab-akibat sebuah permasalahan itu.

Untuk dapat mengerjakan tes kemamapuan verbal ini, kalian harus dapat mengingat dengan sebanyak-banyaknya dari kosa kata dan juga artinya. Biasanya, tes kemampuan verbal ini telah terdiri dari 40 soal yang berisi tentang antonym, sinonim, dan juga analog dari kata-kata.

Di dalam ter tersebut kalian harus pintar-pintar untuk bermain logika dan juga tentunya harus konsentrasi yang sangat tinggi agar kalian dapat mengerjakannya dengan benar dan juga baik.

Di dalam soal psikotes ini tekah berfungsi untuk dapat mengetahui tentang kemampuan kalian untuk menghadapi suatu masalah yang ada dan juga untuk dapat melihat cara kalian dalam melihat sebab dan juga akibat.

Kalian harus juga mempelajari tentang berbagai perbendaharaan kosakata dan juga sekaligus artinya. Kuncinya yaitu penggunaan logika. Pastinya kalian harus lebih kontsentrasi dalam pengerjaan tes ini.

Di saat kalian mengerjakan tes ini, kalian dapat mencoba untuk mengerjakan yang menurut kalian lebih mudah, jika waktu untuk mengerjakan sudah habis dan kalian belum juga menjawabnya, setidaknya kalian sudah mendapatkan hasil yang sudah kalian jawab sebelumnya, kalian juga dapat memastikan bahwa jawaban tersebut benar.

  1. Tes Psikotes Warteg

Tes Psikotes Warteg

Baca juga:   Teks Anekdot

 

Tes PSikotes Warteg ini adalah sebuah hasil dari temuan Ehrig Warteg, ia merupakan seorang psikolog yang telah berasal dari Negara Jerman.

Tes warteg ini memiliki sebuah fungsi yaitu untuk dapat mengetahui tentang karakter dari diri seseorang, yaitu contohnya dalam menyelesaikan sebuah masalah, keuletan, dan juga caranya untuck beradaptasi, dan kemauan dalam melakukan sebuah pekerjaan.

Di saat melakukan tes warteg, kalian nanti akan di berikan sebuah kertas yang nantinya berisi 8 kotak. Kotak itu telah memiliki sebuah pola yang berbeda-beda, dari garis lengkung sampai dengan sebuah titik.

Tugas kalian yaitu untuk dapat menggambar lanjutan dari pola-pola yang sudah ada di dalam soal tersebut, tentunya kalian harus dapat menyesuaikan dengan imajinasi dan juga kreativitas yang kalian punya, kalian juga jangan terburu-buru saat mengerjakan soal ini.

  1. Tes Psikotes Logika Aritmatika

Tes Psikotes Logika Aritmatika

Jika kalian melamar dalam posisi yang nantinya akan melibatkan banyak aktivitas yang berurusan dengan menghitung dan pakai rumus, contohnya data analyst, finance ataupun software engineer nanti pasti kalian di pertmukan dengan soal psikotes logika aritmatika, Karena di dalam tes ini terdapat deretan angka yang harus kalian pahami semua pola-polanya yang ada.

Dari deretan angka itu kalian harus dapat memecahkan lewat pembagian, perkalian, penjumlahan dan juga pecahan angka, kalian harus benar-benar fokus dan konsentrasi agar dapat mengerjakan soal ini.

Kalian harus dapat memihat secara keseluruhan deret dari angkat itu dengan cara kalian harus membaca semua polanya. Pola itu di maksudkan bisa berupa tentang pengelompokan loncat, urutan, ataupun pengelompakan dengan sangat berurutan.

Tetapi kalian harus terus ingat jangan sampai kalian terlalu fokus untuk di beberapa angka yang ada di depan saja , karena angka-angka itu belum dapat mewakili dengan sangat baik. Kalian juga jangan sampai terlalu fokus di dalam satu soal lantaran. Kalian juga harus ingat tentang batasan waktu yang sudah di tentukan.

  1. Tes Psikotes Logika Deret Gambar (Penalaran)

Tes Psikotes Logika Deret Gambar (Penalaran)

Psikotes ini telah memiki sebuah konsep hampir mirip dengan tes  logika aritmatika. Namun yang membedakannya yaitu tentang penggunaan dari media gambarnya yang telah menggunakan dua ataupun tiga dimensi.

Kunci di dalam tes ini yaitu kalian harus konsentrasi dan juga memperhatikan sangat betul tentang polanya. Kalian juga tidak boleh untuk melewatkan detail dalam sekecil apapun contohnya ada penempatan kecil ataupun perputaran dari waktu.

Di dalam tes ini terdapat soal kombinasi yang di peroleh dari angka dan juga gambar. Di dalam tes logika ini, biasanya soalnya saling berkaitan. Kalian harus ingat, para penguji biasanya hanya saja akan memberikan sebuah instruksi hanya satu kali saja. Oleh karena itu kalian harus benar-benar konsentrasi dan juga teliti di saar kalian mengerjakan soal ini.

Baca juga:   Pengertian Proposal

Bukan hanya itu, dalam soal psijotes juga sangat berfungsi untuk dapat mengukur untuk kemampuan daya tangkap kalian untuk dapat memahami dan juga melaksanakan sebuah perintah, untuk menganilisi permasalahan dan juga untuk kecepatan di saat mengambil keputusan. Jika, kalian saat mengerjakan soal ini ada yang merasa sulit, maka kalian bisa mengerjakan soal yang lebih mudah dahulu.

  1. Tes Pauli (Koran)

Tes Pauli (Koran)

Tes psikotes ini sangat populer dengan juluka tes Koran. Tes pauli ini adalah sebuah tes perhitungan yang bisa di bilang sederhana dan juga kelihatannya cukup mudah. Tugas kalian hanya saja mengerjakan sebuah tes tersebut untuk dapat menjumlahkan dari deretan angka, dari mulai 0-9 yang nantinya tersusun dengan sangat vertical.

Tetapi, kalian jangan senang dahulu, karena angka-angka itu yang harus kalian jumlahkan ternyata tidak cukup banyak. Soal pauli memanglah dengan menggunakan lembaran Koran yang telah di penuhi dengan deretan angka.

Walaupun kelihatannya mudah, namun tes pauli ini sangat menguras tenaga dan juga konsentrasi di saat mengerjakannya. Karena ada banyak sekali angka yang nantinya akan di jumlahkan dalam sekali angka yang  berderet.

Tes ini bertujuan untuk dapat melihar sebuah kecepatan, ketelitian dan juga konsentrasi yang kalian miliki. Di dalam mengerjakan tes ini kuncinya kalian harus mengerjakan dengan tempomu sendiri. Kalian jangan sampai berpengaruh dengan cara pengerjaan seseorang ataupun orang lain karena dapat membuat kalian semakain panic dan juga nantinya tertekan.

Tips Menjawab Soal Tes Psikotes

Tips Menjawab Soal Tes Psikotes

Kalian dapat melihat di beberapa situs web di internet tentang contoh soal psikotes. Berikut ini adalah tentang beberapa tips untuk menjawab soal psikotes. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

  1. Memulai dengan melihat soal dari psikotes di saat kalian sudah menerima soal
  2. Harus menentukan waktu yang sudah di perlukan untuk dapat mengerjakan sebuah soal
  3. Memberi sebuah tanda soal yang sangat sulit, lalu kalian dapat mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu
  4. Menggunakan sebuah proses eliminasi di saar menjawab soal tersebut
  5. Membaca setiap pertanyaan dengan seksama dan teliti

Penutup

Demikian, penjelasan singkat tentang contoh soal psikotes. Bisa kalian jadikan sebagai tips ataupun contoh soal psikotes yang nantinya kalian gunakan untuk dapat bekerja di perusahaan. Bisa kalian gunakan belajar tentang soal psikotes. Sekian dari bappedaintanjaya.id. Semoga bermanfaat.