Top Up ShopeePay

Top Up ShopeePay – Shopee yang merupakan marketplace paling populer saat ini menyediakan berbagai kemudahan bagi para penggunanya. Salah satu layanan atau fitur yang sangat memudahkan adalah ShopeePay atau dompet digital dari Shopee yang hadir dengan cara top up ShopeePay yang mudah juga.

Dengan adanya ShopeePay, para pengguna Shopee bisa menyimpan uang dalam dompet digital tersebut. Saat akan berbelanja, pembayaran bisa langsung dilakukan dengan menggunakan ShopeePay sehingga tidak perlu pergi ke ATM untuk melakukan transfer.

Melakukan pembayaran dengan menggunakan ShopeePay juga sangat menguntungkan. Tidak ada biaya administrasi yang perlu dibayar oleh pengguna Shopee. Selain itu voucher potongan ongkos kirim atau free ongkir biasanya bisa digunakan kalau pengguna membayar menggunakan ShopeePay.

2 Cara  Top Up ShopeePay via Bank, Indomaret, dan iSaku

Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk top up atau mengisi ulang saldo ShopeePay. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode transfer bank. Bank yang bisa digunakan untuk mengisi saldo ShopeePay juga bervariasi, ada BCA, BRI, Mandiri, BNI, Permata Bank, dan sebagainya.

Di bawah ini adalah dua pilihan cara mengisi ulang saldo ShopeePay, melalui transfer bank BCA dan melalui minimarket Indomaret terdekat.

1. Isi saldo ShopeePay melalui transfer bank

Cara yang pertama ini berbeda-beda, bergantung pada rekening bank yang kamu gunakan. Langkah di bawah ini adalah contoh cara melakukan isi ulang saldo dengan metode transfer dari bank BCA.

  • Jalankan aplikasi Shopee, bisa melalui perangkat iPhone maupun dari smartphone Android. Tap menu Saya di sebelah kanan bawah jendela Shopee untuk melihat berbagai daftar menu yang tersedia.
  • Di bawah menu Dompet Saya, tap pilihan ShopeePay yang bergambar dompet dengan logo S ditengahnya. Kamu akan melihat berbagai menu yang berkaitan dengan dompet digital ShopeePay. Pilih menu Isi Saldo di kiri atas untuk melihat berbagai metode pengisian saldo.
  • Tap di pilihan Transfer Bank lalu pilih bank yang sesuai dengan rekening yang kamu miliki. Misalnya, pilih menu Bank BCA (Dicek Otomatis), lalu tap tombol Konfirmasi yang muncul di bagian bawah. Isi saldo ShopeePay melalui transfer bank
  • Shopee akan menyediakan nomor virtual akun untuk mengisi saldo ShopeePay yang rumusnya adalah 122 diikuti dengan nomor HP milikmu yang digunakan untuk mendaftar akun Shopee. Salin nomor virtual akun ShopeePay Selanjutnya tap di tombol OK.
  • Jalankan aplikasi m-banking BCA di smartphonemu, lalu pilih menu m-Transfer. Berikutnya, tap menu BCA Virtual Account untuk mentransfer dana ke ShopeePay. Tempelkan nomor virtual account yang sudah kamu salin tadi lalu tap tombol Send. Jalankan aplikasi m-banking BCA di smartphonemu, lalu pilih menu m-Transfer.
  • Masukkan nominal isi ulang dengan nominal paling rendah adalah Rp 10.000. Pastikan kamu bisa menemukan kata Shopee di layar konfirmasi, beserta username yang kamu gunakan di aplikasi Shopee. Setelah memastikan semua datanya benar, tap tombol OK.
  • Langkah terakhir adalah memasukkan PIN m-BCA milikmu kemudian tap tombol OK lagi untuk melakukan pengiriman saldo ke dompet digital ShopeePay.
Baca juga:   Cara Edit Twibbon dari Google Drive

Peraturan terbaru yang Shopee terapkan adalah pengguna akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp 500 untuk setiap kali top up Shopee Pay menggunakan metode pengisian saldo transfer bank. Jadi, pastikan kamu mengisi saldo dalam jumlah besar sekaligus agar tidak perlu mengulang-ulang.

2. Isi saldo ShopeePay melalui Indomaret atau iSaku

Selain transfer ATM, kamu juga bisa melakukan isi ulang saldo ShopeePay dengan metode pembayaran lainnya, misalnya melalui minimarket. Shopee sendiri sudah bekerja sama dengan Alfamidi dan Indomaret sehingga kamu bisa mengisi saldo dengan lebih mudah.

Cukup ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Shopee di perangkat seluler Android maupun iPhone. Lalu buka menu Saya di kanan bawah jendela Shopee dan pilih ShopeePay di bawah menu Dompet Saya.
  • Setelah berbagai menu ShopeePay muncul, pilih Isi Saldo yang ada di bagian kiri atas jendela Shopee Pay. Kalau kamu akan melakukan pengisian saldo ShopeePay di Indomaret terdekat, tap di menu Indomaret / i.Saku. Kemudian tap Konfirmasi di bagian bawah. Setelah berbagai menu ShopeePay muncul, pilih Isi Saldo yang ada di bagian kiri atas jendela ShopeePay
  • Kamu bisa memilih nominal top up, yaitu minimal Rp 20.000, Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 300.000, dan Rp 500.000. Atau kamu bisa mengetikkan nominal saldo sesuai dengan keinginanmu. Setelah itu tap di tombol Bayar Sekarang.
  • Shopee akan memberikan kode pembayaran dan total pembayaran serta kapan maksimal pembayaran harus sudah dilakukan. Kamu bisa mencatat kode pembayaran tersebut atau mengambil tangkapan layar untuk nanti ditunjukkan pada petugas kasir Indomaret.
  • Setelah sampai di kasir Indomaret, sampaikan pada petugas kasir bahwa kamu akan melakukan top up Shopee Pay. Tunjukkan kode pembayaran dan bayarkan sesuai dengan nominal top up yang kamu pilih.
  • Simpan bukti pembayaran yang diberikan oleh petugas kasir Indomaret. Kalau nanti Shopee meminta verifikasi yang lebih lanjut, kamu bisa menyediakan bukti pembayaran yang menunjukkan bahwa kamu sudah melakukan pembayaran sesuai yang diminta.
Baca juga:   Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Biasanya, petugas kasir akan membebankan biaya administrasi pada pengguna Shopee yang akan melakukan top up saldo. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa mempersiapkan dana tambahan untuk membayar biaya administrasi seandainya petugas kasir menyampaikan adanya biaya administrasi.

Selain kedua cara diatas, kamu juga bisa melakukan isi ulang saldo Shopee dengan menggunakan metode BCA One Klik atau menghubungkan kartu debit BCA ke akun Shopee. Setiap kali ingin melakukan isi saldo, tinggal klik saja kartu BCA yang terhubung dan saldo Shopee akan otomatis terisi.

Apapun metode yang kamu inginkan, pastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam kode pembayaran atau nomor rekening virtual account sehingga proses top up ShopeePay berlangsung dengan lancar. Semoga ulasan Bappedaintanjaya.id bermanfaat, terimakasih.